Bagikan:

 

JAKARTA – Spotify merupakan salah satu layanan streaming musik yang memanfaatkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Selama beberapa bulan terakhir, Spotify terus mengembangkan fiturnya menggunakan AI. 

Awalnya, Spotify hanya menggunakan AI untuk fitur DJ. Namun, seiring berjalannya waktu, AI bisa ditemukan di dalam pembuatan playlist atau pencarian lagu. Berikut ini beberapa fitur bertenaga AI yang dimiliki Spotify, dikutip dari Makeuseof

Fitur pertama yang selalu ditunggu setiap tahunnya adalah Spotify Wrapped. Dengan menggunakan AI, fitur yang hadir setiap akhir tahun ini akan membantu algoritma latar belakang mengumpulkan seluruh informasi lagu yang didengarkan.

Data yang dikumpulkan ini nantinya akan dirilis dalam bentuk statistik, seperti lagu teratas tahun ini atau lagu yang paling banyak didengarkan tahun ini. Biasanya, Spotify Wrapped akan mengumpulkan data mulai dari Oktober hingga akhir tahun. 

Berikutnya, ada fitur Discovery Weekly untuk mencari lagu baru. Fitur ini diperbarui setiap hari Senin sehingga pengguna bisa mengakses daftar putar yang menarik. Fitur ini akan dipersonalisasi sesuai genre dan artis yang digemari penggunanya.

Fitur ketiga yang menggunakan AI adalah pencarian lagu. Spotify sengaja menggunakan AI agar pengguna bisa mencari lagu dengan akurat. Selain itu, Spotify juga menggunakan pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk pencarian episode podcast.

Selanjutnya, ada fitur Terjemahan Suara untuk podcast. Pada September tahun lalu, Spotify mulai meluncurkan fitur bertenaga AI itu di beberapa podcast berbahasa Spanyol. Fitur ini diluncurkan agar pengguna di seluruh dunia bisa mengakses podcast tanpa terbatas bahasa. 

Terakhir, Spotify menggunakan AI untuk memberi rekomendasi daftar putar dan lagu di layar utama. Algoritma latar belakang akan melacak lagu yang pernah didengarkan sebelumnya, kemudian Spotify akan merekomendasikan lagu yang serupa. 

Dalam waktu dekat, Spotify berencana menggunakan model bahasa besar (LLM) untuk menyempurnakan rekomendasi podcast dan buku audio. Rancangan ini masih dikerjakan dan belum diketahui kapan akan diluncurkan.