Bagikan:

JAKARTA - Proses produksi video YouTube bisa jadi sangat sulit untuk kreator pemula. Untuk menyederhanakan dan memungkinkan siapa saja membuat dan berbagi video, YouTube meluncurkan aplikasi seluler baru yang disebut YouTube Create

Berdasarkan pengumuman yang dibagikan di blog resminya, YouTube Create ini dirancang sebagai alat produksi video Shorts atau video biasa berdurasi lebih panjang dengan mudah. 

Dapat digunakan gratis, YouTube Create saat ini masih dalam versi beta di Android di pasar tertentu. Aplikasi ini menawarkan alat pengeditan video termasuk pengeditan dan pemangkasan presisi, teks otomatis, kemampuan voice over, dan akses ke perpustakaan filter, efek, transisi, dan musik bebas royalti. 

"Dengan teknologi pencocokan irama sehingga pembuat konten dapat memproduksi video YouTube berikutnya tanpa bergantung pada kerumitan perangkat lunak pengeditan. Semua ini, langsung dari ponsel mereka," tulis YouTube. 

Meskipun masih dalam tahap awal, YouTube berjanji untuk terus bekerja sama dengan komunitas kreator, serta menambahkan fitur dan kemampuan baru dari waktu ke waktu di masa mendatang. 

Di sisi lain, akhir tahun ini, YouTube juga akan mulai menguji Dream Screen, sebuah fitur eksperimental baru yang memungkinkan Anda membuat latar belakang video atau gambar yang dihasilkan AI ke video Shorts Anda hanya dengan mengetikkan ide ke dalam perintah. 

Berdasarkan video yang dibagikan, Anda hanya cukup mengetik "panda drinking coffee," selanjutnya AI dari Dream Screen-lah yang akan otomatis mencarikan video atau foto yang sesuai dengan perintah tersebut, untuk dijadikan latar belakang video Shorts Anda.