Bulan Depan, YouTube Akan Hapus Format Iklan Overlay yang Diprotes Banyak Pengguna
YouTube akan segera menghilangkan iklan overlay (foto: Cotton Bro Studio / Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube akan segera menghilangkan iklan overlay atau hamparan yang sering muncul saat video diputar. Fitur ini kerap mengaburkan sebagian video saat pengguna menonton, dan itu cukup mengganggu.

Iklan overlay biasanya muncul di bagian bawah video dan menutupi hampir seluruh tampilan saat pengguna menonton di desktop atau browser.

Karena beberapa keluhan dari pengguna terkait fitur yang kerap mengganggu itu, akhirnya menarik perhatian Google dan mereka berupaya melakukan beberapa perubahan pada penempatan iklan.

Melalui laman Forum Bantuan YouTube, perusahaan mengonfirmasi format iklan lama yang termasuk overlay, tidak akan lagi muncul di platform tersebut.

"Mulai 6 April 2023, format iklan overlay tidak akan muncul lagi di YouTube untuk membantu meningkatkan pengalaman penonton dan mengalihkan interaksi ke format iklan berperforma lebih tinggi di desktop dan perangkat seluler," ujar YouTube.

"Iklan overlay adalah format iklan lama yang hanya ditayangkan di desktop dan mengganggu pemirsa. Kami memperkirakan akan melihat dampak terbatas bagi sebagian besar Kreator karena interaksi beralih ke format iklan lain," imbuhnya.

Iklan semacam ini telah dihapus dari aplikasi seluler beberapa tahun yang lalu dan diganti dengan format iklan seperti iklan pre-mid dan post-roll. Dalam kebanyakan kasus, pengguna dapat melewati jenis iklan ini.

Langkah baru itu akan memastikan pengguna dapat menikmati platform tanpa iklan yang mengganggu. Namun, YouTube menekankan, dengan menghilangkan iklan overlay akan berdampak terbatas pada pendapatan iklan konten kreator.

Tetapi perusahaan akan mengalihkan fokus ke format iklan lain untuk mengatasi dampak tersebut, seperti dikutip dari GizChina, Kamis, 5 Maret.

Bagi kreator, mereka tidak dapat lagi mengaktifkan atau menambahkan iklan overlay saat mengakses opsi monetisasi di YouTube Studio.

Perusahaan belum menyebutkan jenis iklan apa yang mereka rencanakan untuk diterapkan sebagai pengganti iklan overlay. Untuk saat ini, kreator dapat menggunakan format iklan lain termasuk fitur penandaan produk yang baru.

Perlu dicatat, iklan overlay hanya tersedia di versi desktop yang merupakan sebagian kecil dari pemirsa YouTube. Oleh karena itu, dampak pendapatan tidak akan terlihat.