Fitur Baru Pinterest Mempermudah Pengguna Membuat Konten Video dan Gambar
Pinterest mengumumkan bahwa mereka akan mengalihkan fokus mereka ke konten video dengan meluncurkan Idea Pins. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pinterest mengumumkan bahwa mereka akan mengalihkan fokus mereka ke konten video dengan meluncurkan Idea Pins yang berfokus pada video. Selanjutnya, perusahaan ini mengatakan bahwa mereka akan menggabungkan alat mereka untuk semua format Pin ke dalam satu alur pembuatan.

Artinya, baik video Pin maupun gambar statis, bersama dengan fitur pengeditan lainnya seperti stiker dan teks overlay, akan tersedia dalam satu pengalaman yang diperbarui. Selain perubahan ini, Pinterest juga akan meluncurkan sejumlah fitur pengeditan baru, alat pengukuran, fitur keamanan, dan alat lainnya untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

Untuk membuat video atau gambar Pin ke depan, pengguna hanya perlu memilih opsi "buat Pin". Perusahaan ini mencatat bahwa semua pembuat konten akan dapat menambahkan fitur seperti musik, teks overlay, dan stiker ke Pin mereka.

Pinterest mengatakan bahwa perubahan ini akan memudahkan pembuat konten untuk mengedit, menerbitkan, dan mengukur konten mereka, sementara pengiklan masih dapat membuat Iklan Idea, Iklan Video, Iklan Koleksi, dan Iklan Karusel seperti sebelumnya.

Sebagai hasil dari perubahan ini, pengguna Pinterest sekarang akan dapat mengakses fitur yang sebelumnya hanya tersedia dengan Idea Pins atau pengguna dengan akun bisnis, termasuk tautan, pengeditan pasca-penerbitan, dan rasio aspek yang fleksibel.

Semua Pin akan mencakup kemampuan untuk menghubungkan ke mana saja, yang Pinterest katakan akan memungkinkan pengguna memonetisasi konten mereka dan lebih menghubungkan audiens mereka.

"Kami sangat senang untuk membuka saluran monetisasi lain melalui tautan dalam semua Pin," tulis perusahaan dalam sebuah posting di blog, yang dikutip techcrunch.

"Pengguna akan dapat menambahkan tautan ke semua gambar, video, dan bahkan siaran langsung Pinterest TV, membantu meningkatkan lalu lintas dan membuat koneksi dengan merek. Alat kemitraan berbayar dan tagging produk menggunakan tautan afiliasi (untuk AS dan Inggris) sekarang tersedia untuk semua orang sebagai saluran tambahan untuk menghasilkan uang di Pinterest."

Semua video Pin juga akan memiliki metrik yang ditingkatkan, termasuk tampilan dan waktu menonton. Pengguna akan dapat membuat Pin menggunakan rasio aspek yang fleksibel dan mengedit komponen Pin setelah penerbitan termasuk judul, detail, dan tautan.

Hal ini membuat Pinterest lebih sejajar dengan platform pesaing seperti Instagram, di mana konten tertentu dapat diedit pasca-penerbitan, memungkinkan pembuat konten untuk memperbaiki atau menyesuaikan teks untuk performa yang lebih baik, misalnya.

Sebagai bagian dari perubahan ini, pengguna tidak perlu lagi mengetuk multimedia kreasi dengan gambar dan video statis. Sekarang, jenis konten ini akan otomatis diputar satu per satu.

Pinterest juga mengumumkan bahwa semua pengguna sekarang dapat mulai mengakses sejumlah fitur interaksi komunitas. Pengguna sekarang dapat menambahkan kata kunci yang tidak ingin mereka lihat dalam komentar.

Pengguna dapat membuat filter di bawah izin sosial untuk menyembunyikan secara otomatis semua komentar yang mengandung kata kunci tertentu. Selain itu, pengguna juga akan dapat menanggapi konten di platform dengan membuat dan mengunggah foto. Selain itu, reaksi seperti emoji hati dan bohlam akan diperluas ke semua Pin.

API penjadwalan Pin baru juga akan tersedia bagi mereka yang menggunakan platform pemasaran konten dan alat kreatif, memungkinkan pengguna menjadwalkan Pin melalui platform tersebut.

Ketika Pinterest pertama kali memperkenalkan Idea Pins pada tahun 2021, tampaknya perusahaan sedang mencari untuk beralih dari menjadi papan gambar online menjadi lebih dari platform pembuat konten. Dengan perubahan ini, Pinterest mencoba untuk menyederhanakan proses pembuatan konten di bawah format yang bersatu.

"Dengan menciptakan cara yang lebih sederhana dan cepat bagi pembuat konten untuk memanfaatkan kekuatan Pinterest, kami membuatnya lebih mudah dari sebelumnya bagi pembuat kami untuk menjangkau audiens yang terlibat, menghasilkan uang, membangun merek, dan mengekspresikan apa yang membuat mereka unik dan istimewa baik di dalam maupun di luar platform," kata Chief Content Officer Pinterest Malik Ducard dalam pernyataan tentang perubahan tersebut.