Bagikan:

JAKARTA — YouTube Create merupakan aplikasi pengeditan video gratis yang dibuat oleh YouTube. Aplikasi ini sudah diluncurkan sejak September tahun lalu, tetapi belum tersedia di semua negara. Kini, YouTube menghadirkan YouTube Create ke lebih banyak negara.

Aplikasi ini baru dirilis dalam versi beta di 13 negara, di antaranya adalah Australia, Brasil, Kanada, Finlandia, Prancis, Jerman, Hongkong, India, Indonesia, dan lainnya.

Dengan diluncurkannya YouTube Create ke lebih banyak negara, aplikasi ini diyakini mampu membantu para pembuat video. Mereka tidak perlu lagi mengedit di software yang rumit karena tampilan YouTube Create terlihat jauh lebih sederhana.

"Ini akan membantu pembuat video baru dan lama di seluruh dunia membuat video menjadi lebih sederhana, mudah, dan ringan, baik Anda membagikan video pendek dengan cepat atau membuat video berdurasi panjang," kata YouTube di blog perusahaan.

YouTube Create sebenarnya dirancang untuk mempermudah pengeditan video Shorts atau video berdurasi panjang. Aplikasi ini membuat proses pengeditan jauh lebih instan sehingga content creator tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengedit.

"Pembuat konten seperti Anda tahu bahwa dari awal hingga akhir, pengeditan bisa menjadi proses yang melelahkan, memakan waktu, dan mahal, namun dengan YouTube Create, hal tersebut tidak harus seperti itu," jelas YouTube.

Sistem pengeditan video di YouTube Create hampir sama dengan Capcut atau aplikasi pengeditan video lainnya. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi, memilih klip video yang ingin diedit, kemudian tambahkan soundtrack yang sesuai dengan video.

YouTube Create menghadirkan ribuan lagu yang bebas dari royalti dan pengguna bisa memilih salah satunya. Setelah itu, atur irama lagu dengan transisi video dan masukkan komponen pendukung seperti efek, filter, atau emoji bawaan aplikasi.

Aplikasi buatan YouTube ini menghadirkan banyak fitur yang mendukung proses pengeditan, seperti fitur teks otomatis, voice over, pembersih audio, dan masih banyak lagi. Jika sudah selesai mengedit, video bisa langsung diunggah ke YouTube.