Bagikan:

YOGYAKARTA - Motherboard atau disebut sebagai mb, mainboard, mboard, mobo, mobd, backplane board, base board, main circuit board, planar board, system board, atau logic board di komputer Apple. Lalu komponen komponen motherboard?

Motherboard adalah papan sirkuit tercetak dan fondasi komputer yang merupakan papan terbesar dalam sasis komputer. Ini mengalokasikan daya dan memungkinkan komunikasi ke dan antara CPU, RAM, dan semua komponen perangkat keras komputer lainnya.

Komponen Komponen Motherboard

Komponen Mobo (Unsplash)

Mouse & keyboard 

Konektor Keyboard pada dasarnya adalah dua jenis. Semua PC memiliki port papan kunci yang terhubung langsung ke motherboard. Jenis tertua, tetapi masih cukup umum, adalah DIN khusus, dan sebagian besar PC hingga saat ini mempertahankan konektor gaya ini. Konektor keyboard gaya AT dengan cepat menghilang, digantikan oleh konektor keyboard mini bergaya DIN PS/2 yang lebih kecil.

Anda dapat menggunakan keyboard gaya AT dengan soket gaya PS/2 (atau sebaliknya) dengan menggunakan konverter. Meskipun konektor AT unik di PC, mini-DIN bergaya PS/2 juga digunakan di PC yang lebih modern untuk mouse. Untungnya, sebagian besar PC yang menggunakan mini-DIN untuk keyboard dan mouse dengan jelas menandai setiap soket mini-DIN untuk penggunaan yang benar. Beberapa keyboard memiliki koneksi USB, tetapi ini cukup jarang dibandingkan dengan keyboard koneksi PS/2.

USB (Universal serial bus) 

USB adalah koneksi serba guna untuk PC. Anda dapat menemukan versi USB dari berbagai perangkat, seperti mouse, keyboard, pemindai, kamera, dan bahkan printer. bentuk persegi panjang khas konektor USB membuatnya mudah dikenali.

USB memiliki sejumlah fitur yang membuatnya sangat populer di PC. Pertama, perangkat USB hot swappable. Anda dapat memasukkan atau menghapusnya tanpa memulai ulang sistem Anda.

Port paralel 

Sebagian besar printer menggunakan konektor khusus yang disebut port paralel. Port paralel membawa data pada lebih dari satu kabel, berbeda dengan port serial, yang hanya menggunakan satu kabel. Port paralel menggunakan konektor DB perempuan 25-pin. Port paralel secara langsung didukung oleh motherboard melalui koneksi langsung atau melalui menjuntai.

Chip CPU  

Unit pemrosesan pusat, juga disebut mikroprosesor, melakukan semua perhitungan yang terjadi di dalam komputer. CPU datang dalam Berbagai bentuk dan ukuran.

CPU modern menghasilkan banyak panas dan karenanya memerlukan kipas pendingin atau heat sink. Perangkat pendingin (seperti kipas pendingin) dapat dilepas, meskipun beberapa pabrikan CPU menjual CPU dengan kipas yang terpasang secara permanen.

Slot RAM 

Random-Access Memory (RAM) menyimpan program dan data yang sedang digunakan oleh CPU. RAM diukur dalam satuan yang disebut byte. RAM telah dikemas dalam berbagai cara. Paket terbaru disebut DIMM 168-pin (Modul Memori Sebaris Ganda).

Floppy controller 

Floppy drive terhubung ke komputer melalui kabel pita 34-pin, yang pada gilirannya terhubung ke motherboard. Floppy controller adalah salah satu yang digunakan untuk mengontrol floppy drive.

Pengontrol IDE 

Standar industri menentukan dua jenis hard drive yang umum: EIDE dan SCSI. Sebagian besar PC menggunakan drive EIDE. Drive SCSI muncul di PC kelas atas seperti server jaringan atau workstation grafis. Drive EIDE terhubung ke hard drive melalui kabel pita 40-pin selebar 2 inci, yang pada gilirannya terhubung ke motherboard. Pengontrol IDE bertanggung jawab untuk mengendalikan hard drive.

Slot PCI 

Intel memperkenalkan protokol bus interkoneksi komponen Periferal. Bus PCI digunakan untuk menghubungkan perangkat I/O (seperti pengontrol NIC atau RAID) ke logika utama komputer. Bus PCI telah menggantikan bus ISA.

Slot ISA 

ISA (Arsitektur Standar Industri) Ini adalah arsitektur standar bus Ekspansi. Motherboard mungkin berisi beberapa slot untuk menghubungkan kartu yang kompatibel dengan ISA.

Baterai CMOS 

Untuk memberikan daya pada CMOS saat komputer dimatikan, semua motherboard dilengkapi dengan baterai. Baterai ini dipasang pada motherboard dengan salah satu dari tiga cara: baterai eksternal usang, baterai onboard yang paling umum, dan baterai internal.

Slot AGP 

Jika Anda memiliki motherboard modern, Anda hampir pasti akan melihat satu konektor yang terlihat seperti slot PCI, tetapi sedikit lebih pendek dan biasanya berwarna cokelat. Anda juga mungkin memiliki kartu video yang dimasukkan ke dalam slot ini. Ini adalah slot Advanced Graphics Port (AGP).

Slot CPU 

Untuk memasang CPU, cukup geser lurus ke bawah ke dalam slot. Takik khusus di slot membuatnya tidak mungkin untuk memasangnya secara tidak benar. Jadi ingat jika tidak berjalan dengan mudah, itu mungkin tidak benar. Pastikan untuk mencolokkan daya kipas CPU.

Colokan catu daya 

Catu daya, seperti namanya, menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk membuat komputer beroperasi. catu daya menggunakan daya AC 110-V standar dan diubah menjadi daya DC 12-Volt, 5-Volt, dan 3,3-Volt.

Produsen Komputer Terkenal:

Produsen yang menawarkan PC dengan motherboard bermerek termasuk Acer, Dell, HP, Lenovo, dan lainnya.

Buatan Dell 

Rangkaian komputer yang ditawarkan mencakup model All-in-one, komputer kelas bisnis berkinerja tinggi, notebook, notebook mini, komputer gaming berkinerja tinggi, dan aksesori perangkat keras/lunak. Dell memanfaatkan motherboard yang dibuat khusus. Silakan kunjungi situs Dell di www.dell.com untuk informasi lebih lanjut.

Buatan Lenovo 

Produk komputer yang ditawarkan oleh Lenovo antara lain Laptop & netbook, Desktop & all-in-one, Workstation, dan Server. Perusahaan ini menawarkan solusi untuk Rumah atau kantor di rumah, usaha kecil/besar, lembaga pendidikan, perawatan kesehatan, dll.

Buatan Acer 

Merek Acer terkenal dengan notebook dan komputer desktopnya. Perusahaan, seperti Dell, menawarkan seri All-in-one hingga komputer gaming yang lebih bertenaga. Acer juga menyediakan motherboard yang dibuat secara custom. Silakan kunjungi situs web Acer www.acer.com untuk informasi lebih lanjut.

Jadi setelah mengetahui komponen komponen motherboard, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!