Lupa Kata Sandi Apple ID Anda? Ini Cara Mengatur Ulangnya
Cara memulihkan akun Apple ID dengan gampang. (foto: dok.apple)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda pengguna Apple, Anda pasti sudah memiliki akun Apple ID. Tetapi, sering kali kita lupa dengan password atau kata sandi yang digunakan.

Padahal kata sandi selalu dibutuhkan untuk hal penting, seperti pembelian di App Store, mengakses konten di iCloud, menemukan perangkat yang hilang dan masih banyak lagi.

Itulah mengapa penting untuk mengingat kata sandi Apple ID Anda, serta menyimpannya di tempat yang aman seperti pengelola kata sandi.

Namun, jika Anda mungkin terkunci dari akun Apple ID Anda karena lupa kata sandi, tenang, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini.

Gunakan iPhone, iPad, atau Mac untuk Atur Ulang Kata Sandi Apple ID

1. Buka Pengaturan, lalu ketuk tombol dengan nama dan gambar profil Anda.

2. Buka Kata Sandi & Keamanan klik Ubah Kata Sandi.

3. Anda akan diminta untuk memasukkan kode sandi, dan setelah melakukannya, Anda dapat memasukkan kata sandi baru untuk Apple ID Anda. (Perhatikan bahwa opsi ini tidak akan tersedia jika Anda tidak mengatur kode sandi untuk perangkat Anda)

Atur Ulang Kata Sandi Anda dengan Perangkat Apple Lain

Jika Anda tidak masuk ke perangkat Apple apa pun tetapi memiliki akses ke Apple Store atau teman atau anggota keluarga dengan iPhone atau iPad, Anda dapat menggunakan app Apple Support untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

1. Buka App Store dan unduh aplikasi, baik menggunakan tautan di atas atau dengan mencari Apple Support di App Store.

2. Setelah Anda membuka aplikasi, Anda akan melihat layar yang menampilkan detail tentang perangkat Apple yang Anda gunakan. (Jika Anda berada di beranda dengan daftar perangkat, cukup pilih perangkat dari daftar) Ketuk tombol Kata Sandi dan Keamanan.

3. Buka Setel ulang kata sandi Apple ID klik Memulai dan pilih Apple ID yang berbeda. Ketuk Lanjutkan dan masukkan Apple ID Anda.

4. Selanjutnya, tergantung pada bagaimana akun Apple Anda dikonfigurasi dan perangkat mana yang telah Anda sambungkan.

Misalnya, Apple dapat mengirim teks ke nomor telepon Anda dengan kode dan kemudian meminta Anda untuk memasukkan kode sandi yang Anda gunakan di salah satu perangkat Apple Anda.

Jika Anda dapat menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru.

Jika Tidak Memiliki Akses ke Perangkat Apple

1. Buka iforgot.apple.com dan masukkan Apple ID Anda. Kemungkinan Anda akan dimintai nomor telepon untuk konfirmasi.

2. Kemudian Anda akan diperlihatkan berbagai opsi, yang semuanya memerlukan akses ke perangkat yang masuk atau iPhone atau iPad, seperti mengetuk pemberitahuan di iPhone atau iPad Anda atau menggunakan aplikasi Dukungan Apple.

3. Jika tidak ada yang cocok untuk Anda, klik opsi Tidak dapat menggunakan salah satu dari ini? Dari sana, Anda dapat memulai proses pemulihan akun.

4. Anda mungkin harus memberikan nomor verifikasi yang dikirimkan kepada Anda melalui teks atau email. (Jika Anda hanya memiliki akses ke yang terakhir, Anda mungkin juga akan diminta untuk memasukkan nomor telepon jika Apple mencoba menghubungi Anda)

5. Setelah Anda melakukannyaa, maka Apple akan memprosesnya. Demikian dikutip dari The Verge, Kamis, 13 Oktober.