Cara Memeriksa Perangkat Mana Saja yang Terhubung ke Hotspot Android Anda
Ilustrasi hotspot seluler (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hotspot merupakan cara yang biasa Anda gunakan untuk berbagi koneksi internet dari satu perangkat, ke perangkat lain secara nirkabel. 

Ketika perangkat lain terhubung ke hotspot Anda, maka data Internet Anda akan terkuras sesuai dengan pemakaiannya. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan kata sandi agar tidak sembarang orang bisa terhubung ke hotspot Anda. 

Jika sudah terlanjur, dan banyak orang menggunakan hotspot Anda, Anda bisa mengecek berapa banyak perangkat yang terhubung ke hotspot seluler Anda dengan mudah. 

Untuk melihat perangkat apa saja yang terhubung, ikuti langkah-langkah di bawah ini di perangkat Android Anda:

  1. Buka Pengaturan aplikasi dan navigasi ke Koneksi > Hotspot dan Tethering Seluler
  2. Dengan asumsi Hotspot Seluler sudah diaktifkan, ketuk (atau tahan lama) untuk membuka menu pengaturan hotspot
  3. Di bawah Perangkat yang terhubung, Anda akan menemukan daftar perangkat yang terhubung ke hotspot Anda.

Langkah-langkah di atas menjelaskan cara memeriksa jumlah perangkat yang terhubung ke hotspot Anda di ponsel Samsung. Antarmuka di ponsel merek lain mungkin akan sedikit berbeda, namun secara garis besar caranya akan sama. 

Perlu diperhatikan bahwa beberapa ponsel Android mungkin tidak menampilkan nama tampilan perangkat yang terhubung ke hotspot Anda. Oleh karena itu, Anda harus menghentikan sementara koneksi internet bersama untuk semua perangkat yang terhubung untuk menyaring perangkat yang tidak dikenal.

Jika Anda menemukan perangkat tidak dikenal yang terhubung ke hotspot Anda, ubah kata sandi hotspot Anda, dan itu akan terputus secara otomatis. Kemudian, Anda dapat menyambung kembali perangkat Anda ke hotspot menggunakan kata sandi baru.