Bagikan:

JAKARTA - Google Meet dilaporkan tengah mengerjakan fitur eksperimental yang dijuluki On-the-Go. Dirancang untuk membuat panggilan video lebih aman dan mudah sambil berjalan.

Mode On-the-Go akan mengubah User Interface (UI) aplikasi Meet di Android menjadi lebih sederhana, yang lebih cocok untuk bepergian ke luar saat sedang menerima panggilan video atau rapat. Tata letak juga akan jauh lebih intuitif.

Saat pengguna berpergian, mode ini akan menggunakan sensor gerak ponsel. Kemudian, Google Meet bakal meminta pengguna untuk mengaktifkan mode On-the-Go.

Saat mode ini diaktifkan, kamera dalam panggilan akan dinonaktifkan, begitu juga pada streaming video dari peserta lain. Foto profil pun akan ditempatkan di bagian atas.

Beberapa tombol besar juga hadir agar pengguna mudah menekannya, seperti Mute, Audio dan Angkat tangan. Mode ini cukup berguna untuk menghemat data seluler dan masa pakai baterai ponsel pengguna.

Mode baru juga akan tersedia sebagai opsi manual, sehingga pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya tergantung pada kondisi mereka.

Misalnya, jika pengguna sedang berjalan di area yang sibuk atau mengkhawatirkan keselamatan, mereka dapat memilih untuk mematikan kamera.

Opsi ini dapat diakses dengan mengetuk menu tiga titik selama panggilan, yang berada di sebelah tombol Aktivitas.

Sayangnya, fitur ini masih dalam tahap pengerjaan dan tidak jelas kapan atau apakah Google akan membuatnya tersedia untuk umum, seperti dikutip dari Android Central, Selasa, 13 Juni.