Ada Banyak <i>Cuan</i> Bisa Dihasilkan <i>YouTuber</i>, Begini Cara Hitungnya
YouTube membayar jumlah uang yang tetap per tampilan.(foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari Internet. Menjadi seorang YouTuber adalah jalan yang tampak mudah pada pandangan pertama. Akan  tetapi hanya sebagian kecil dari mereka yang mengambil jalan ini yang berhasil.

Membuat saluran YouTube yang sukses adalah tugas yang menantang.  Anda  harus berkomitmen untuk mengunggah video secara konsisten untuk waktu yang lama. Namun, jika saluran Anda lepas landas, Anda bisa mendapatkan aliran pendapatan tambahan. Pada artikel ini, VOI akan membahas berapa banyak YouTube membayar untuk tampilan, seperti disarikan dari MakeUsOf.

Berapa YouTube Membayar Per Tampilan?

Untuk mendapatkan bayaran dari YouTube, Anda harus memenuhi syarat untuk monetisasi terlebih dahulu. Ini membutuhkan setidaknya 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton. Cukup besar untuk sebuah video yang kurang viral. Namun untuk video yang langsung viral, bisa saja langsung mendapatkan pada posting pertama.

Di Youtube, juga tidak ada gaji tetap untuk YouTuber. Setiap saluran menghasilkan jumlah uang yang berbeda. Ini  tergantung pada seberapa besar dan berapa banyak pemirsa yang mereka miliki. Mari kita lihat faktor apa saja yang mempengaruhi berapa banyak YouTube membayar YouTuber, sebelum membahas berapa platform membayar per tampilan.

Faktor

Penonton harus menonton iklan setidaknya selama 30 detik untuk dihitung sebagai penayangan. Ini adalah faktor penting karena itu berarti Anda tidak dibayar untuk setiap penayangan yang didapat video Anda.

Pemirsa harus bertahan dan menonton iklan setidaknya selama 30 detik (atau setengah dari iklan jika iklannya pendek) agar saluran Anda dibayar untuk itu. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan dalam aspek ini, kecuali berharap YouTube menampilkan iklan yang menghibur kepada audiens Anda sehingga mereka menontonnya dengan porsi yang baik.

Faktor kedua adalah bahwa YouTube memiliki CPM yang berbeda untuk audiens yang berbeda. CPM adalah singkatan dari cost per mille dan mewakili jumlah yang dibayar pengiklan untuk setiap 1.000 tampilan iklan. Perbedaan BPS ini berbasis wilayah, dan tampilan iklan dari berbagai negara membayar jumlah yang berbeda. Negara dengan CPM tinggi adalah Norwegia dan Inggris.

Terakhir, semakin banyak penayangan yang Anda dapatkan, semakin besar kemungkinan orang menonton iklan di video Anda. Maka semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan dari YouTube.

Dengan mengingat hal ini, mari berhitung berapa rata-rata YouTube membayar per penayangan.

Hitungan Sederhana

YouTube menagih kontraktor rata-rata  0,18 dolar AS (Rp2585) per tampilan. YouTube membayar 68% dari tarif ini kepada YouTuber melalui AdSense. Ini adalah tarif yang sangat bagus, karena itu berarti Anda akan mendapatkan 0,12 dolar AS (Rp1724) untuk setiap tampilan dan 122 dolar AS (Rp 1752664) untuk setiap 1.000 tampilan!

Pada tingkat yang lebih terperinci, jumlahnya tidak selalu sesederhana itu. Beberapa orang menggunakan pemblokir iklan, dan sebagian besar dari mereka yang melihat iklan melewati di detik-detik pertama. Karena alasan ini, antara lain, pembayaran aktual per penayangan video YouTube adalah 0,003 (Rp43) hingga 0,005 dolar AS (Rp71). Ini berarti seorang YouTuber menghasilkan 3 (Rp43 ribu) hingga  5 per dolar AS (Rp71 ribu) setiap 1.000 tampilan yang didapat video mereka.

Anda dapat menggunakan kalkulator pendapatan AdSense untuk mendapatkan perkiraan kasar berapa banyak yang dapat Anda hasilkan setiap tahun dari YouTube. Perkiraan dari kalkulator Google bisa sangat menggiurkan, jadi pastikan untuk mempertimbangkan pro dan kontra menjadi seorang YouTuber sebelum Anda memutuskan dengan pasti. Ini bisa menjadi perjalanan yang sulit, dan kegagalan bukanlah mustahil.

Lebih Banyak Tampilan, Lebih Banyak Uang  

YouTube membayar jumlah uang yang tetap per tampilan, tetapi meskipun demikian, YouTuber sendiri tidak menghasilkan jumlah yang sama. Ini karena jumlah total yang dibayarkan YouTuber melalui YouTube tergantung pada berapa banyak tampilan yang mereka dapatkan dan dari mana pemirsa mereka berasal.

Jumlah persis bayaran per tampilan tidak dapat dihitung, karena penonton berasal dari negara dan wilayah yang berbeda. Namun, perkiraan rata-rata adalah bahwa YouTube membayar  0,003 hingga  0,005 per tampilan.