Definisi Dividen Interim dan Cara Hitungnya
Dividen Interim Adalah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di dunia Keuangan, biasanya ada dua jenis dividen yang diterima perusahaan dan pemegang saham: dividen interim dan dividen reguler. Dividen reguler, terkadang disebut sebagai dividen final, dibayarkan secara berkala, seperti bulanan atau triwulanan. Jadi dividen interim adalah?

Sebaliknya, dividen interim adalah pembayaran khusus yang dilakukan beberapa perusahaan di antara periode tersebut untuk membantu pemegang saham mengatasi fluktuasi musiman atau menangani perubahan besar dalam operasi bisnis mereka. Kita bakal mendefinisikan dividen interim dan membahas contoh dan cara menghitungnya.

Dividen Interim Adalah

 

Dividen interim adalah pembayaran dividen yang dilakukan sebelum rapat umum tahunan perusahaan dan sebelum rilis laporan keuangan akhir. 

Dividen yang diumumkan ini biasanya menyertai laporan keuangan interim perusahaan dan dibayarkan setiap bulan atau triwulanan. Dewan Direksi perusahaan mengumumkan dividen interim, tetapi persetujuan akhir harus diberikan oleh pemegang saham.

Perhitungan Dividen Interim

Pertimbangkan sebuah perusahaan bernama ABC yang membagikan dividen interim sebesar Rp. 2,50 per saham pada 31 Desember 2016. Karena merupakan dividen interim, 50% kena pajak dan 50% bebas pajak. Artinya, setiap pemegang saham akan menerima Rp. 1,25 tunai dan Rp. 0,25 akan ditambahkan ke basis biaya yang telah disesuaikan untuk saham yang dimiliki pada tanggal 31 Desember 2016 (Rp 1,25 x 0,50 = Rp 0,63).

Konsep dividen interim tersedia untuk memberi investor cara untuk terus menerima pendapatan di antara pembayaran dividen tunai reguler. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan akan membayar cicilan yang lebih kecil selama waktu-waktu tertentu dalam setahun, bukan sekaligus pada akhir tahun.

Namun, beberapa perusahaan memilih untuk membagikan semua dividen mereka setiap tahun sementara yang lain mungkin tidak membagikannya sama sekali. Itu tergantung pada kebutuhan dan tujuan keuangan unik masing-masing perusahaan. Dalam beberapa kasus, menerima setoran lebih sering dapat menekan harga saham sekaligus mempersulit investor lain untuk masuk ke posisi investasi karena volatilitas pasar selama periode tersebut.

Mengapa dividen interim dibayarkan?

Dividen interim adalah dividen sebagian atau penuh yang dibayarkan perusahaan kepada pemegang saham sebelum mengajukan laporan tahunannya untuk tujuan perpajakan. Ketika perusahaan membayar dividen interim, itu berarti bahwa untuk tujuan perpajakan, penghasilan kena pajak mereka dianggap nol untuk sebagian tahun. Hal ini mengurangi hutang pajak mereka. Membayar dividen interim juga meningkatkan laba per saham (EPS) dalam periode setengah tahun, yang dapat berdampak positif pada harga saham. Perusahaan dapat memutuskan untuk mengeluarkan satu atau lebih dividen interim setiap tahun berdasarkan perhitungan internal dan faktor pasar eksternal.

Bisakah dividen interim diumumkan lebih dari satu kali?

Dividen interim dapat diumumkan lebih dari satu kali, meskipun tidak semua perusahaan melakukannya. Perusahaan jarang mengumumkan dividen interim untuk satu periode dan kemudian membayarnya lagi pada periode lain. Biasanya, jika perusahaan mengumumkan dividen interim tetapi tidak langsung membayarnya. Itu akan dibayarkan pada salah satu (atau keduanya) dari dua waktu yang berbeda: 

1) Lain waktu mereka mengumumkan dividen biasa atau 

2) Pada akhir tahun fiskal mereka.

Bagaimana dividen interim didanai?

Dividen interim dibayarkan dari laba ditahan, yang mencakup laba tahun buku sebelumnya. Biasanya tidak dibayarkan dari laba tahun berjalan karena hal yang sama tidak akan terealisasi sepenuhnya saat dividen interim diumumkan.

Jadi setelah mengetahui dividen interim adalah, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!