Google Tolak Iklan di YouTube yang Mengeksploitasi dan Memaafkan Konflik Rusia-Ukaraina
Google telah berhenti menjual semua iklan online di Rusia. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Google milik Alphabet Inc., tidak akan membantu situs web, aplikasi, dan saluran YouTube, menjual iklan di samping konten yang dianggap mengeksploitasi, menolak, atau memaafkan konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung. Hal ini ditugaskan oleh perusahaan asal AS itu, Rabu, 23 Maret.

Google, yang perangkat lunak periklanannya telah membantu penerbit menghasilkan pendapatan, kini melarang iklan muncul di samping konten yang menghasut kekerasan dan menyangkal peristiwa tragis. Ini secara luas menerapkan kebijakan tersebut untuk perang.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa kami mengambil langkah tambahan untuk mengklarifikasi, dan dalam beberapa kasus memperluas pedoman monetisasi kami karena terkait dengan perang di Ukraina," kata juru bicara Google, Michael Aciman.

Dalam email ke penerbit yang dilihat oleh Reuters, Google mengatakan iklan tidak akan berjalan bersamaan. Misalnya, "klaim yang menyiratkan bahwa korban bertanggung jawab atas tragedi mereka sendiri atau contoh serupa dari konten yang menyalahkan korban, seperti klaim bahwa Ukraina melakukan genosida atau sengaja menyerang negaranya dan warga negara sendiri."

Google juga melarang iklan yang memanfaatkan peristiwa sensitif dan telah menerapkan kebijakan itu pada konten tentang perang.

Pejabat senior Rusia mengatakan media Barat telah salah melaporkan konflik di Ukraina, yang selama disebut Rusia sebagai "operasi khusus" untuk mendemiliterisasi negara itu.

Kantor berita Interfax melaporkan pada   Rabu lalu, bahwa regulator komunikasi Rusia telah memblokir layanan agregator Google News, menuduhnya mengizinkan akses ke apa yang disebut Rusia sebagai materi palsu tentang operasi militer di Ukraina.

Banyak iklan besar Barat dan layanan media sosial telah mengumumkan pembatasan konten dan pembayaran baru seputar konflik. Ini, termasuk memblokir media pemerintah Rusia RT dan Sputnik di Uni Eropa.

Bahkan awal bulan ini, Google mengatakan telah berhenti menjual semua iklan online di Rusia.