Bagikan:

JAKARTA - Barcelona siap menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk menebus gelandang RB Leipzig Dani Olmo. Barca yakin mampu bersaing dengan Manchester City untuk membawa kembali 'si anak yang hilang'.

Ya, Olmo merupakan pemain binaan Barca lewat Akademi La Masia. Talenta dan kemampuan Olmo memang sudah menonjol saat masih bermain di level yunior. Bahkan dia sudah diyakini bakal masuk tim utama Barca.

Namun, Olmo yang saat itu berusia 16 malah kabur ke Kroasia untuk bergabung dengan Dinamo Zagreb. Bermain di tim lapis kedua Dinamo pada 2014, hanya berselang dua tahun Olmo menandatangani kontrak berdurasi empat tahun saat masuk tim senior.

Dari Dinamo, dirinya kemudian pindah ke Bundesliga Jerman untuk bergabung dengan Leipzig pada 2020. Dirinya pun mengukuhkan sebagai salah satu gelandang terbaik di Jerman. Musim lalu, Olmo sukses delapan kali membobol gawang lawan dan membuat lima assist di berbagai kompetisi.

Performa gemilang Olmo membawa dia ke timnas Spanyol. Dirinya turut membawa La Roja meraih titel Nations League 2023 dan kemudian juara di Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris 2-1.

Tak hanya itu, dirinya mampu mengemas tiga gol yang mengantarkannya menjadi salah satu top skor Piala Eropa. Performa gemilang gelandang serang berusia 26 ini menjadikan dia diincar sejumlah klub top.

Man City tertarik merekrut Olmo karena diproyeksikan menggantikan Kevin De Bruyne. Bahkan raksasa Premier League Inggris ini siap menebus klausul rilis Olmo sebesar 60 juta euro. Selain Man City, menurut informasi, Liverpool dan Bayern Munchen tertarik pada sosok yang juga bisa bermain di sayap kiri ini.

Namun Barca pun siap bersaing dengan klub-klub top Eropa lainnya untuk membawa kembali Olmo. Barca bahkan cukup aktif melakukan pendekatan kepada 'si anak hilang' yang tak lain eks binaannya.

Klub menawarkan kontrak enam tahun kepada Olmo. Sedangkan gajinya akan selalu dinaikkan selama dua musim pertama sehingga akhirnya sama dengan yang diterima Robert Lewandowski dan Nico Williams.

Barca juga melakukan hal sama seperti Man City dengan menebus klausul rilis Olmo yang kontraknya baru berakhir pada 2027.

Persoalannya, Barca tetap harus melepas beberapa pemain sebelum melakukan pembelian. Hal sama dilakukan Barca bila hendak memboyong Williams dari Athletic Bilbao.