Zilliqa Luncurkan Konsol Game Web3, Bisa Digunakan Buat <i>Mining</i> Kripto Juga!
Zilliqa luncurkan konsol game Web3. (Foto; Dok. Zilliqa)

Bagikan:

JAKARTA – Platform blockchain publik Zilliqa (ZIL) dilaporkan meluncurkan konsol game web3 sebagai bagian dari upaya untuk menjangkau para gamer untuk masuk ke web3. Kendati begitu, konsol ini baru dalam fase prototype.

Ini merupakan hasil kerja sama Zilliqa dengan Xborg, perusahaan Esport generasi berikutnya yang menggunakan teknologi blockchain. Selain itu, nantinya konsol game web3 tersebut bakal dilengkapi dengan fitur penambangan dan dompet kripto. Kedua belah pihak berencana merilis konsol game web3 tersebut pada awah tahun 2023 mendatang.

“Bermain game web3 seharusnya terasa tidak berbeda dengan bermain game Web2. Konsol game asli Web3, dengan dompet asli, adalah langkah besar menuju adopsi massal game Web3,” kata pendiri Xborg, Louis Regis, dikutip dari CryptoSlate.

Lebih lanjut, pihak Zilliwa memaparkan bahwa “onboarding gamer ke dalam game blockchain telah menjadi masalah karena tantangan menyiapkan dompet Web3 sebagai native non-kripto.” Tim percaya bahwa masalah ini telah menciptakan “perpecahan” dalam komunitas game.

Peluncuran konsol tersebut dimaksudkan untuk para gamer yang baru mengenal web3. Perangkat itu juga akan dilengkapi dengan akses eksklusif ke game Zilliqa, fitur penambangan kripto, pusat game, dan dompet kripto yang tertanam di konsol.

“Setelah mengumumkan game pertama kami di Gamescom, kami mendapat respons yang luar biasa dari komunitas game, dan kami sangat senang untuk mengatakan bahwa itu baru permulaan,” kata Valentin Cobelea, Kepala Teknologi Game di Zilliqa.

Konsol tersebut juga dilengkapi HDMI dan Display Port serta 4 x port USB3, 2 x port USB2, koneksi ethernet, 1 x port headphone 3,5mm, dan 1 x port USB-C. Meski begitu, kedua belah pihak belum memberikan bocoran terkait gim-gim apa saja yang dapat diakses melalui konsol tersebut.

Prototipe konsol game web3 Zilliqa. (Cryptopotato)
Zilliqa dan Xborg mengumumkan bahwa konsumen akan dapat melakukan pre-order konsol pada Q1 2023,

Zilliqa dan Xborg mengumumkan bahwa konsumen akan dapat melakukan pre-order konsol pada Q1 2023, dengan pengujian beta dimulai pada Oktober 2022.

Sebagai informasi tambahan, Zilliqa diluncurkan pada tahun 2017 sebagai platform blockchain publik throughput tinggi yang dirancang untuk menskalakan ribuan transaksi per detik.

“Seiring dengan perkembangan teknologi blockchain, upaya kami berpusat di sekitar perampingan efisiensi, kepercayaan, dan transparansi Web 3.0. Konsol game web3 dengan kemampuan menambang akan dirilis pada awal 2023 untuk mengantar pengguna baru ke dalam ruang game blockchain,” tulis pengumuman dari Zilliqa.