Klaytn Luncurkan Inisiatif Potongan <i>Gas Fee</i> untuk <i>Gamer Web3</i>
Kripto Klaytn hadirkan pemangkasan gas fee untuk para gamer. (Foto; Dok. Klaytn)

Bagikan:

JAKARTA – Klaytn (KLAY), blockchain yang berfokus pada pengembangan metaverse dan gamefi asal Korea Selatan, baru-baru ini meluncurkan program menarik yang memungkinkan para pengembang game Web3 dapat menerapkan biaya transaksi (gas fee) yang terjangkau dalam jaringannya. Tentu saja, ini menjadi inisiatif yang positif bagi para gamer Web3.

Para pemain game Web3 harus membeli mata uang kripto terlebih dahulu untuk membayar gas fee sebelum bermain gim. Sementara biaya transaksi dalam jaringan Ethereum telah melonjak signifikan pasca pencetakan NFT OtherSide.

Untungnya, Klaytn mengeluarkan inisiatif untuk para gamer Web3. Perusahaan kripto asal Korsel itu berencana memberikan potongan gas fee untuk para gamer dan pengembang yang membangun jaringan. Klaytn mengeluarkan pengumuman tersebut pada 28 September.

Menariknya, Klaytn menawarkan token KLAY senilai hingga 100.000 dolar AS guna menutupi gas fee untuk gamer dan biaya kontrak untuk pengembang setiap bulannya. Nantinya, perusahaan game yang terpilih dan memenuhi syarat bisa mendapatkan potongan gas fee sebesar 100 persen. Ini akan diberlakukan mulai 1 Januari 2022 hingga seterusnya.

Inisiatif ini akan memungkinkan perusahaan game untuk fokus pada pertumbuhan ekosistem mereka, sementara biaya gas diimbangi oleh Klaytn Growth Fund. Klaytn telah mengadvokasi gas fee yang lebih rendah untuk gamer Web3. Sebelumnya memperkenalkan fitur delegasi gas fee yang memungkinkan perusahaan kripto untuk membayar biaya gas pengguna.

Menurut Klaytn, program dukungan gas fee tersebut ditujukan untuk membantu menghilangkan kendala gas fee yang menghambat adopsi game Web3 yang lebih luas.

Menurut David Shin, selaku kepala Global Group Klaytn Foundation, menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari visi Klaytn dalam membangun ekosistem game yang lebih dinamis untuk menjangkau lebih banyak para gamer.

“Melalui program potongan gas fee ini, kami berharap dapat memberikan kesempatan kepada lebih banyak pemain untuk menjelajahi keajaiban game Web3,” kata Shin, dilansir dari CryptoSlate.

Sebagai informasi, Klaytn telah menjalin kemitraan dengan perusahaan gim terkemuka Netmarble dan Neowiz. Kedua produsen game tersebut akan mengambangkan gim Web3 dalam jaringan Klaytn.

Dalam beberapa tahun belakangan, gim Web3 mengalami peningkatan signifikan. Hal itu diungkapkan oleh platform analitik Footprint Analytics yang menunjukkan rata-rata 1,03 juta pengguna terlibat dalam gim Web3. Ini mampu menghasilkan sekitar 1 miliar dolar AS per hari.

Selanjutnya Footprint Analytics menungkap pertumbuhan GameFi sebesar 28 persen yang didominasi oleh gim Splinterlands dan Alien World. Meski demikian, penurunan pasar kripto turut mempengaruhi pertumbuhan GameFi ini. Sejumlah perusahaan raksasa seperti Animoca Brands, Limit Break, Ubisoft, dan Netmarble sudah terjun ke game Web3 ini.