Bagikan:

JAKARTA – Entitas yang bertanggung jawab atas pengembangan token KLAY, Klaytn Foundation, baru-baru ini mengumumkan langkah barunya yaitu mengurangi pasokan token KLAY sebesar 50 persen.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan nilai KLAY dan memperkuat prospek inti protokol. Proposal optimalisasi tokenisasi ini akan diputuskan melalui pemungutan suara oleh Dewan Tata Kelola protokol Klaytn dalam acara yang akan berlangsung mulai 22 Februari hingga 28 Februari.

Jika proposal tersebut disahkan, sebanyak 5,28 miliar unit KLAY akan dibakar, setara dengan 73% dari pasokan cadangan dan sekitar 48% dari total pasokan KLAY. Cadangan pencetakan awal sebesar 7,48 miliar token juga akan dikurangi menjadi 2,2 miliar setelah pembakaran.

Sementara 2 miliar token yang tersisa akan membentuk 'Cadangan Penciptaan Nilai KLAY' dan hanya akan digunakan untuk inisiatif yang dapat mendorong dorongan deflasi protokol.

Menurut laporan Coindesk, blockchain Klaytn menjadi pusat perhatian pada  Juni 2019 melalui upaya pengembangan GroundX. Protokol ini dirancang sebagai blockchain publik yang berfokus pada metaverse, gamefi, dan ekonomi kreator.

Dalam rangka meningkatkan permintaan KLAY, Klaytn Foundation berkomitmen untuk meningkatkan interaksi on-chain dengan berkolaborasi dengan proyek-proyek portofolio utama serta membina layanan dalam ekosistem Klaytn, terutama dApps yang ingin 'menggunakan dan membakar' KLAY sebagai model tokenomics utama mereka.

Klaytn Foundation juga sedang mencari kemitraan baru dalam ekosistem yang lebih luas yang dapat membantu meningkatkan protokol. Selain itu, protokol ini sedang mengupayakan pendekatan deflasi untuk meningkatkan nilai KLAY dan meningkatkan kegunaan mata uang digital di luar penggunaannya sebagai biaya gas. Dalam upaya ini, protokol Klaytn sedang mengeksplorasi pengenalan Oracles sebagai salah satu opsi yang bisa dilakukan.

"Yayasan ingin meningkatkan permintaan KLAY dengan beberapa cara: pertama, meningkatkan interaksi on-chain dengan berkolaborasi dengan proyek-proyek portofolio utama serta membina layanan dalam ekosistem Klaytn, terutama dApps yang ingin 'menggunakan dan membakar' KLAY sebagai model tokenomics utama mereka," kata Klaytn dalam proposalnya, dikutip CoinSpeaker.

Dalam jangka panjang, pemotongan total pasokan token KLAY sebesar 50% yang diusulkan oleh Klaytn Foundation diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi KLAY dan memperkuat posisi protokol Klaytn dalam ekosistem blockchain.