Pengembang Klaytn Umumkan Pembaruan, Harga KLAY Langsung Meroket!
Pengembang kripto Klaytn umumkan pembaruan proposal. (Foto; Dok. Cryptoast)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah penurunan market kripto dalam beberapa bulan terakhir, tim pengembang blockchain publik Klaytn mengumumkan pembaruan penting dalam proyeknya. Tim memberikan pembaruan proposal tata kelola untuk mengurangi reward blok. Klaytn berfokus pada metaverse dan game berbasis blockchain.

Pembaruan tersebut dilakukan diumumkan pada kuartal ketiga 2022 ini, tepatnya pada 23 Oktober kemarin. Proposal tersebut diajukan ke dewan tata kelola (GC/governance council) Klaytn yang ditujukan untuk mengoptimalkan tingkat penerbitan token KLAY dengan menurunkan sepertiga reward bloknya.

Pihak KLAY sendiri baru akan mengumumkan hasil pemungutan suara pada 25 Oktober besok ini, sebagaimana yang dilaporkan tim Klaytn dalam postingan Twitter resminya @klaytn_official.

“Proposal yang sedang diajukan oleh GC kami merekomendasikan untuk mengurangi reward blok yang ada sebesar ⅓ untuk mengoptimalkan tingkat emisi $ KLAY. Hasil pemungutan suara tata kelola akan masuk pada 25 Oktober 2022,” tulis pihak Klaytn, Minggu 23 Oktober 2022.

Pengurangan ini bertujuan untuk mengatasi volatilitas yang saat ini terlihat di pasar makro, yang telah menyebabkan runtuhnya beberapa proyek dan membangkrutkan beberapa perusahaan kripto.

"Lanskap makroekonomi saat ini menyebabkan volatilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya di pasar kripto, dan tingkat emisi token saat ini tidak optimal dalam memfasilitasi akrual nilai untuk KLAY,” tulis pengembang Klaytn, dikutip dari CryptoPotato.

Jika proposal disetujui, nantinya hadiah blok akan berubah dari 9,6 KLAY menjadi 6,4 KLAY, didistribusikan 50 persen ke GC, 40 persen ke Klaytn Growth Fund (KGF), dan 10 persen ke Klaytn Improvement Reserve. Pengurangan yang diusulkan dihitung berdasarkan sirkulasi token saat ini vs. permintaan mereka. Tim berharap untuk mengurangi inflasi KLAY sehingga lebih menarik bagi investor baru dan meningkatkan daya saingnya sambil memastikan keberlanjutan tokenomic Klaytn.

Pada 20 Oktober lalu, Phemex, bursa mata uang kripto yang berbasis di Singapura, mengumumkan listing KLAY/USDT di pasar spot. Pada hari berikutnya, token meningkat 26 persen dari 0,12 (yang telah menjadi harga terendah tahunan) menjadi 0,15 dolar AS.

Di sisi lain, terlepas dari musim dingin kripto dan penurunan pasar kripto, proyek-proyek game kripto dan platform berorientasi metaverse mencatat pertumbuhan yang lebih tinggi dalam hal adopsi dan investasi. Selain itu, pada tahun 2022, lebih dari 4 miliar dolar telah diinvestasikan dalam game kripto, metaverse, dan inkubator untuk meningkatkan industri baru ini.

Saat penulisan, harga token KLAY diperdagangkan di level Rp2.831. Harga KLAY meroket 24 persen dalam 24 jam terakhir, menurut data Coingecko. KLAY sempat mencatatkan harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) pada 30 Maret 2021. Saat itu KLAY tembus Rp63.067 per token.