Shinhan Bank Bermitra dengan Hedera Hasghraph (HBAR) untuk Pengiriman Uang Antarnegara, Transfer Duit 3 Detik Sampai Tujuan!
Kripto HBAR kerjasama dengan Bank untuk pengiriman uang antarnegara tercepat dan termurah (YorumCoin)

Bagikan:

JAKARTA – Shinhan Bank asal Korea Selatan berkolaborasi dengan kripto Hedera Hashgraph (HBAR) untuk pengiriman uang antarnegara setelah merampungkan Proof of Concept (PoC). PoC dirancang untuk keperluan transfer uang dengan memanfaatkan koin stabil di jaringan HBAR.

Dengan PoC tersebut, pengiriman uang antarnegara bisa diselesaikan dalam hitungan detik saja dengan rata-rata biaya yang sangat muarh per transaksinya, yakni hanya sejumlah 0,0001 dolar AS. Pihak Hedera sendiri mengklaim pengiriman uang bisa dilakukan 3 hingga 5 detik saja.

HBAR memaparkan hal tersebut ditujukan untuk memutuskan kemungkinan menerbitkan stablecoin untuk memfasilitasi pengiriman uang dengan biaya yang sangat murah dan waktu pengiriman yang sangat cepat. Selain itu, setiap transaksi juga bisa dilacak sebagaimana dilaporkan dalam pengumuman di laman resmi Hedera pada 29 November kemarin.

Dilansir dari Cointelegraph, Hedera Hashgraph merupakan jaringan Distributed Ledger Technology (DLT) publik dengan keamanan tinggi. Proof of Concept, yang merupakan bukti bahwa metode atau ide tertentu dapat diterapkan, menggunakan Layanan Token Hedera (HTS) dan Layanan Konsensus Hedera (HCS).

Untuk mendukung pengiriman uang internasional, pihak Shinhan Bank berencana menerbitkan koin stabil atau stablecoin yang didukung Won Korea (KRW). Selain itu, bank mitra internasional akan ikut serta dalam uji coba dan akan menerbitkan stablecoin dalam mata uang lokal. Oleh karenanya, klien bank yang menerima stablecoin KRW bakal bisa menukarnya dengan stablecoin mata uang lokal yang bisa ditukar dengan mata uang.

Berdasarkan laporan dari Remittance Price Worldwide pada kuartal keempat 2020 lalu, biaya pengiriman uang sebesar 200 dolar AS ke luar negeri lewat bank tradisional memakan biaya 6,51 persen atau 13,02 dolar AS. Biaya pengiriman uang diprediksi akan mengalami penurunan sebesar 3 persen pada tahun 2030 mendatang.

“Ada peluang besar untuk memotong perantara dan membuat proses ini secara dramatis lebih efisien dan hemat biaya, mendapatkan uang sebanyak mungkin untuk orang-orang yang sering membutuhkannya secara mendesak,” kata CEO dan Co-founder Hedera, Mance Harmon.

Sebagai informasi, Shinhan Bank telah menjadi anggota Dewan Tata Kelola Hedera sejak April 2021 lalu. Bank asal Korsel itu juga merupakan member dewan tata kelola blockchain Klaytn sejak Juli 2021.

Saat berita ini ditulis, kripto HBAR diperdagangkan di harga Rp5033. Harga HBAR naik 5,9 persen dalam 24 jam terakhir. Coingecko melaporkan HBAR pernah tembus harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) pada 15 September 2021 lalu di level Rp8.103.