Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel ini akan dibahas apa itu green ocean strategy yang dapat digunakan para pelaku usaha untuk mengerek pertumbuhan bisnis, bahkan Ketika berada di masa-masa sulit.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiga Uni mendorong pelaku usaha untuk menerapkan strategi green ocean guna membangun usaha yang berkualitas dan berkelanjutan.

Dikatakan Sandiaga, strategi green ocean adalah saat para pebisnis memperkuat kolaborasi dengan meningkatkan value atau nilai tambah produk yang akan membawa usaha mereka semakin maju.

“Jangan berkompetisi dengan menurunkan harga. Itu namanya strategi red ocean atau samudera merah. Mari kita berkolaborasi dengan meningkatkan nilai tambah, sehingga memperbesar pasar. Itu yang disebut sebagai strategi green ocean,” ucap  Sandiaga di Semarang, Minggu, 5 November 2023, dikutip dari Antara.

Apa itu Green Ocean Strategy?

Green ocean strategy merupakan salah satu strategi marketing yang dikembangkan untuk membantu korporasi agar dapat terus tumbuh dan berkembang, khususnya pada masa-masa sulit seperti sekarang ini.

Di dalam green ocean strategi terdapat 5 pilar strategi untuk tumbuh. 5 pilar strategi tersebut diakronimkan menjadi ABCDE (Ahead, Beyond, Champion, Deliver, dan Excellent).

Berikut penjelasan masing-masing pilar green ocean strategy:

  • Ahead atau terdepan: Dengan menjadi yang paling depan, perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat. Adapun yang dimaksud dengan terdepan adalah bagaimana sebuah perusahaan bisa mengimplementasikan rancangan bisnis, membuat, dan mencapai peluang yang ada di atas pesaing lainnya.
  • Beyond atau melampaui: Pilar green ocean strategy yang kedua bermakna melampaui atau melebihi harapan di atas rata-rata. Setelah menjadi yang terdepan, perusahaan harus mampu melebihi ekspektasi pelanggan. Bila hal ini terjadi, penjualan akan semakin meningkat, dan tentu ini akan membuat perusahaan semakin berkembang.
  • Champion atau juara: Strategi yang ketiga ini dilakukan dengan menyinergikan dua strategi sebelumnya. Bila sebuah perusahaan bisa menjadi yang terdepan dan melampauinya, maka perusahaan itu bisa menjadi sebuah pelopor dari sebuah terobosan. Bentuk terobosan ini dapat berupa inovasi baru yang bisa menghasilkan cara-cara baru atau kreatifitas yang bisa menghasilkann sesuatu yang anti-mainstrem dan original.
  • Deliver atau menyalurkan: Setali tiga uang, strategi yang satu ini bisa dijalankan bersamaan atau berurutan dengan tiga strategi sebelumnya, yakni Ahead, Beyond, dan Champion. Dengan deliver yang baik, sebuah perusahaan dapat berkembang karena berhasil membuat perbedaan dengan Tindakan yang nyata. Perusahaan yang konsisten men-deliver produknya secara Ahead, Beyond, dan Champion dipastikan akan terus tumbuh, kendati sedang berada di masa-masa sulit.
  • Excellent atau unggul: Strategi ini bermaka semua Delivery 3 strategi sebelumnya, yakni Ahead, Beyond, dan Champion harus dikemas dengan semangat keunggulan, khususnya dalam hal mutu. Bila strategi kelima ini diterapkan, maka keuntungan yang didapat perusahaan akan sangat paripurna. Selain itu, pelanggan atau konsumen tidak akan pernah pindah ke lain hati karena sudah merasa puas dengan produk atau jasa yang dihadirkan oleh perusahaan.

Demikian informasi tentang ap aitu green ocean strategy. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.