Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu pupuk urea? Pupuk urea merupakan penyubur tanaman yang kaya akan unsur nitrogen.

Nitrogen sendiri adalah salah satu unsur penting yang dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh dengan baik serta berproduksi sesuai harapan petani.

Unsur nitrogen yang terdapat pada pupuk urea bisa membantu metabolisme tanaman serta memberikan manfaat lainnya.

Jika ingin mengenal pupuk urea beserta manfaatnya secara lebih dalam, Anda perlu menyimak ulasan berikut ini.

Apa itu Pupuk Urea?

Dihimpun dari berbagai sumber, Pupuk urea adalah penyubur tanaman organik yang tersusun dari karbon, oksigen, hidrogen, dan nitrogen dengan rumus kimia CON2H4 atau (NH)2CO.

Nama lain dari urea yakni carbamide, isurea, carbonyl diamide, carbamide resin, dan carbonyl amine. Senyawa ini biasa digunakan di kawasan Eropa.

Urea merupakan senyawa organik yang disentesis dari senyawa anorganik. Urea dibuat dari reaksi antara amoniak (NH3) dengan karbon dioksida (CO2) dalam suatu proses kimia menjadi urea padat dalam bentuk prill dan granul.

Urea pril kemudian dihunakan untuk segmen tanaman pangan dan industri. Sementara urea granul lebih cocok untuk perkembunan dan industri.

Di tanah, urea akan terhidrolisis dan kemudian melepaskan ion ammonium. Kandungan nitrogen pada urea adalah sebesar 46 persen, namun yang digunakan oleh tanaman biasanya hanya separuh kandungannya saja.

Urea pril umumnya memiliki tekstur yang cukup kasar dan mudah larut di dalam air.  Hal ini akan mempermudah petani agar dapat menggunakan penybur tanaman organik ini dengan penyiraman tanaman.

Meski begitu, pupuk urea termasuk salah satu jenis pupuk yang bisa dengan mudah terikat dengan air. Oleh sebab itu, pupuk urea harus disimpan dalam tempat tertutup, kering, dan memiliki penutup yang rapat.

Apa Manfaat Pupuk Urea?

Penggunaan pupuk urea dapat memberikan banyak manfaat, di antaranya:

1. Mempercepat pertumbuhan tanaman

Pupuk urea yang tinggi akan unsur nitrogen bisa mempercepat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman aka bisa cepat tinggi, jumlah anakan banyak, dan memiliki cabang-cabang yang banyak.

2. Meningkatkan kandungan protein

Selain mempercepat pertumbuhan tanaman, penggunaan pupuk urea juga dapat meningkatkan jumlah kandungan protein dalam tanaman.

Selain itu, pupuk urea juga dapat digunakan untuk hampir semua jenis tanaman, mulai dari tanaman pangan, holtikultura, tanaman Perkebunan, ataupun untuk usaha peternakan serta usaha perikanan.

3. Meningkatkan produksi panen

Pemberian pupuk urea pada tanaman dapat meningkatkan produksi panen. Oleh sebab itu, tak heran jika jenis pupuk ini menjadi pilihan utama bagi para petani ketimbang pupuk lainnya.

akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa pemberian pupuk urea harus dilakukan dengan dosis yang tepat.

4. Membuat tanaman lebih hijau dan segar

Manfaat pupuk urea yang terakhir adalah dapat membuat tanaman menjadi lebih hijau dan segar, serta banyak mengantung butir hijau daun atau biasa disebut klorofil. Klorofil punya peran penting dalam proses fotosintesis tanaman.

Demikian informasi tentang apa itu pupuk urea. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.