Apa itu Pasar Oligopoli? Simak Pengertian, Jenis Beserta Contohnya
Ilustrasi pasar oligopoli (Foto: Pixabay/Makalu)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu pasar oligopoli? Pasar oligopili adalah tempat jual beli di mana barang yang dijual bersifat homogen kendati jumlah penjualnya banyak dan berbeda-beda. Persaingan di pasar oligopoli bisa dibilang tidak sempurna, sebab komoditas dikuasai oleh beberapa perusahaan saja. Kondisi ini membuat persaingan harga menjadi tidak seimbang.

Untuk lebih jelasnya, simak pengertian pasar oligopoli, jenis, dan contohnya dalam rangkuman artikel berikut ini.

Apa itu Pasar Oligopoli?

Menurut Investopedia, pasar oligopoli merupakan sebuah tempat jual beli yang didalamnya hanya terdapat kapasitas kecil atau hanya segelintir saja, namu bisa memengaruhi kondisi pasar secara signifikan.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar oligopoli didefinisikann sebagai kondisi pasar dengan produsen pembekal barang hanya berjumlah sedikit, sehingga mereka dapat memengaruhi harga pasar yang tidak seimbang sebab dipengaruhi oleh sejumlah pembeli.

Dari dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pasar oligopoli adalah jenis pasar yang memiliki jumlah produsen atau konsumen yang tidak seimbang.

Dalam pasar oligopoli, biasanya jumlah produsen lebih sedikit ketimbang konsumennya. Kondisi ini membuat komoditas dikuasai oleh beberapa perusahaan dan persaingan harga di pasar menjadi tidak seimbang.

Sampai saat ini, belum ada ketentuan pasti tentang banyaknya jumlah perusahaan yang tergabung dalam suatu pasar oligopoli. Namun, jumlahnya harus cukup rendah sehingga tindakan satu perusahaan secara signifikan memengaruhi yang lain.

Kendati persaingan bisnis di pasar oligopoli tidak sehat, realitanya, persaingan suatu produk yang sama antara produsen satu dengan produsen lainnya sangat ketat.

Hal ini terjadi karena produsen-produsen yang ada di pasar oligopoli saling menjaga kualitas produk supaya mereknya tidak kalah dengan kompetitor.

Jenis Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli dibagi  menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Pasar oligopoli murni: Ini adalah pasar yang hanya menjual satu barang saja. Kendati demikian, variasi barangnya cukup banyak dan harganya hampir sama. Pada pasar oligopoli ini, hampir setiap kebijakannya dipengaruhi oleh produsen utama.
  • Pasar oligopoli terdiferensiasi: Barang atau produk yang dijual di pasar oligopoli jenis ini hanya satu macam dengan banyak varian. Akan tetapi, harga barang dari satu produsen dengan produsen lainnya mengalami diferensiasi atau memiliki perbedaan harga yang cukup tinggi. Kondisi ini menyebabkan persaingan bisnis menjadi tidak sehat, sebab konsumen cenderung menyukai harga yang relatif murah, tetapi barang cukup berkualitas.
  • Pasar oligopoli non kolusi: Ini adalah tempat jual beli di mana ada perusahaan yang ingin memainkan harga suatu barang atau jasa setelah memperhatikan perkembangan yang terjadi pada perusahaan lain (kompetitor).
  • Pasar oligopoli kolusi: Pada pasar oligopoli kolusi, hampir setiap produsen melakukan kerja sama ketika ingin menaikkan harga dari suatu produk atau jasa. Dengan adanya kesepakatan tersebut, harga dari setiap barang akan cenderung sama atau memiliki selisih yang tidak terlalu jauh.

Contoh Pasar Oligopoli

Di atas, telah disinggung bahwa pasar oligopoli adalah kondisi pasar yang hanya dikuasi oleh beberapa perusahaan saja.

Berikut beberapa contoh pasar oligopoli yang kerap dijumpai:

  • Industri rokok
  • Industri obat-obatan
  • Industri sistem operasi smartphone
  • Industri penerbangan
  • Operator telekomunikasi
  • Industri ban mobil
  • Industri minyak bumi
  • Produsen mie instan
  • Industri kendaraan bermotor

Demikian informasi tentang apa itu pasar oligopoli. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.