Strategi Promosi UMKM yang Efektif di Era Digital, dari Produk hingga Pemasarannya
Ilustrasi digital marketing/ Freepik

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menerapkan strategi promosi UMKM harus dilakukan oleh pemilik bisnis agar bisa bersaing dengan kompetitor. Tidak hanya secara offline, strategi pemasaran juga harus diterapkan secara online.

Sayangnya, kesadaran para pemilik UMKM untuk memasarkan produknya secara digital masih kurang maksimal, terutama menyangkut pemasaran yang efektif. Untuk mencapai itu semua, ada beberapa hal yang harus diketahui.

Strategi Promosi UMKM Digital

Secara umum, pengertian strategi pemasaran adalah cara efektif yang telah melalui proses analisis dalam menjalankan promosi dan pemasaran. Harus diingat bahwa proses analisis perlu dilakukan agar upaya pemasaran bisa lebih tepat.

Dalam ranah digital, pemasaran yang dilakukan memiliki sedikit perbedaan dengan pemasaran konvensional.  Pemasaran digital dinilai lebih efektif karena beberapa keunggulan, yakni sebagai berikut.

  1. Jangkauan Lebih Luas

Pemasaran yang dilakukan secara online memiliki keunggulan mampu menjangkau pasar lebih luas dibanding nondigital. Anda bisa memasarkan produk barang atau jasa secara digital dengan beragam cara seperti lewat media sosial, webiste, dan masih banyak lagi.

  1. Murah

Memasarkan produk lewat media sosial juga relatif lebih murah. Hal itu jadi salah satu keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis. Bahkan Anda bisa memasarkan produk tanpa modal.

  1. Mudah

Pemilik UMKM yang mengenal teknologi akan lebih diuntungkan dalam hal pemasaran digital. Ada banyak kanal yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk Anda secara mudah. Bahkan, Anda bisa melakukan pemasaran digital di kamar tidur Anda tanpa harus repot keluar rumah.

  1. Efektif

Efektivitas pemasaran digital cukup tinggi karena pembuat iklan mampu menjangkau pasar dengan lebih tertarget. Anda bisa membidik usia, kota, hingga pekerjaan seperti apa yang jadi target pasar.

  1. Lebih Dipercaya

Sebagian masyarakat justru lebih percaya dengan toko yang memiliki kanal media sosial dibanding toko konvensional yang hanya mengandalkan toko fisik. Hal itu menyangkut keamanan pembayaran hingga kualitas barang.

Jenis Strategi Promosi UMKM

Perkembangan media sosial makin pesat. Tidak hanya digunakan sebagai media interaksi, medsos juga digunakan sebagai kanal promosi. Artinya, pemilik UMKM bisa membuat toko digital lewat medsos. Anda bisa memanfaatkan kanal-kanal tersebut secara gratis maupun berbayar.

Namun patut diketahui bahwa masing-masing media sosial memiliki karakter pengguna yang berbeda-beda. Karakter pengguna Facebook berbeda dengan karakter pengguna Instagram, pengguna Instagram juga berbeda dengan karakter pengguna TikTok. Oleh karenanya, agar produk laku keras di medsos, ada sejumlah strategi promosi UMKM bisa Anda lakukan.

  1. Penataan Media Sosial

Sama dengan toko fisik, toko di media sosial juga harus ditata dengan baik. Anda harus mencantumkan informasi sejelas mungkin dengan tampilan produk semenarik mungkin agar lebih dipercaya oleh pelanggan.

  1. Ciri Khas Produk dan Pemasaran

Lakukan pemasaran produk di media sosial dengan ciri khas yang baik. Langkah ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Misal, Anda membuat video live produk dengan kucing atau bisa pula dengan kostum lain.

Ciri khas juga harus dimiliki oleh produk agar pemasaran lebih mudah dan kesadaran merk pada masyarakat bisa bertahan lama.

  1. Fast Respon

Pemilik toko online harus sigap saat menanggapi pertanyaan dari konsumen. Hal itu akan berpengaruh pada performa toko online Anda.

  1. Diskon dan Promo

Sesekali pemilik UMKM bisa mengadakan diskon dan promo untuk menarik pelanggan baru. Diskon bisa dikaitkan dengan hari besar seperti diskon HUT RI, atau diskon tahun baru.

  1. Kolaborasi

Anda bisa memasarakan produk dengan cara kolaborasi, baik dengan perusahaan lain atau dengan influencer. Cara ini cukup efektif untuk menggaet pasar baru.

Itulah beberapa strategi promosi UMKM yang bisa Anda lakukan. Untuk menapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.