Cara Menentukan Target Pasar untuk Strategi Marketing yang Akurat
Ilustrasi menentukan target pasar (Unsplash/Jason Goodman)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap jenis bisnis memiliki target pasarnya masing-masing. Sebuah bisa dikatakan berjalan baik ketika target marketnya jelas dan tepat. Jadi sebelum mulai menjalankan sebuah bisnis, anda perlu menentukan target pasar terlebih dahulu. 

Menentukan target pasar dibutuhkan untuk menyusun strategi pemasaran yang jitu dan efektif. Langkah ini wajib dilakukan baik oleh pebisnis pemula maupun calon enterpreneur. Tanpa mengetahui target market, bisnis anda akan berjalan tanpa arah atau tujuan. 

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh pebisnis, seperti UKM atau UMKM adalah tidak mengetahui target pasar yang tepat. Kondisi ini akan menyebabkan produk tidak laku, penjualan merugi, hingga bisnis tidak berkembang. Modal yang besar atau produk yang bagus dalam sebuah bisnis tidak akan berhasil tanpa adanya target market yang tepat. 

Cara Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar menjadi salah satu kunci untuk membuat bisnis menjadi maju dan sukses. Target pasar adalah kelompok konsumen yang menjadi sasaran penjualan produk bisnis. Dengan menentukan target pasar, anda bisa tahu siapa konsumen anda atau kategori orang yang membutuhkan produk anda. 

Langkah menentukan target market perlu dilakukan di awal bahkan sebelum memulai bisnis. Berikut beberapa tips menentukan target pasar.

Menganalisis Segmentasi Pasar

Untuk menentukan target pasar bisnis anda, pastikan anda sudah memilih produk yang akan dijual. Produk bisnis anda akan menjadi landasan untuk mengetahui siapa saja konsumen atau market anda. 

Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk mengenali konsumen atau market anda. Anda perlu melakukan analisis segmentasi pasar atau memetakan target konsumen bisnis anda. Segmentasi pasar terbagi dalam beberapa hal, yakni segmentasi demografi, segmentasi psikologi, dan segmentasi geografi.

Segmentasi demografi adalah cara mengelompokkan target market berdasarkan informasi kependudukan, di antaranya menentukan usia, jenis kelamin, dan tingkat pendapatan. Sementara segmentasi psikologi adalah metode memetakan target pasar berdasarkan minat, gaya hidup, hingga kepribadian. 

Sedangkan segmentasi geografi adalah cara mengelompokkan target pasar berdasarkan lokasi atau wilayah, seperti kota, provinsi, kode area, dan sebagainya. Ketiga jenis segmentasi ini perlu diketahui agar tergambarkan secara jelas target market bisnis anda. 

Melihat Kebutuhan Target Pasar

Sebuah bisnis harus memiliki tujuan menjawab kebutuhan target pasar. Jadi seorang pebisnis harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon konsumennnya. Produk bisnis anda harus menjadi solusi dari permasalahan atau kebutuhan tersebut.

Anda dapat mencari informasi kebutuhan calon konsumen yang menjadi target penjualan bisnis anda. Anda dapat mengetahuinya dengan menganalisis segmentasi pasar. Selain itu, anda juga bisa melihat kebutuhan konsumen denga melakukan tes produk. Cobalah mempromosikan produk anda atau menjualnya secara langsung. Respon, testimoni, atau review dari konsumen dapat anda jadikan bahan untuk menjawab kebutuhan target pasar.

Mengamati Persaingan Pasar

Dalam berbisnis, anda tidak bermain sendirian melainkan ada banyak kompetitor yang juga memperebutkan pasar. Persaingan pasar menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis. Jika anda tidak mengetahi target pasar secara jelas, bisnis anda akan kalah dari kompetitor.

Oleh karena itu pebisnis harus cermat mengamati persaingan pasar produk bisnis anda. Setiap pebisnis memiliki strategi pemasarannya masing-masing, mulai dari dalam hal keunikan produk, harga, fitur yang diberikan, maupun kemudahan pembelian. Dari berbagai elemen tersebut, anda dapat mempelajari proses penjualan produk yang dilakukan kompetitor anda. Selain itu, anda juga bisa mempelajari respon atau review pembeli produk. 

Berkomunikasi dengan Pelanggan

Cara paling mudah dan akurat untuk menentukan target pasar adalah melalui komunikasi langsung dengan konsumen. Anda bisa mengetahui kebutuhan target market anda dengan menemui atau menghubungi konsumen, lalu menanyakannya. 

Sekarang pebisnis diuntungkan berkat adanya teknologi digital, sehingga dapat berkomunikasi dengan konsumen secara mudah. Anda bisa menghubungi konsumen melalui pesan chat, panggilan suara, atau minta review di platform digital. Anda juga bisa terjun langsung ke lapangan menemui pelanggan. Tanyakan dan catat apa saja kebutuhan mereka. 

Itulah beberapa cara menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis. Setelah mengetahui target pasar, selanjutnya anda dapat menyusun strategi pemasaran produk anda. Selain itu, data target pasar juga bisa anda gunakan untuk mengembangkan produk hingga menciptakan produk baru. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.