Bagikan:

YOGYAKARTA - Sistem audit yang baik menjadi salah satu kunci kemajuan sebuah perusahaan. Salah satunya dalam melakukan audit pemasaran. Apa itu audit pemasaran dan fungsinya bagi perusahaan atau bisnis?

Audit pemasaran digunakan sebagai penilaian objektif terhadap laporan keuangan suatu perusahaan. Sistem audit wajib dikelola dengan baik dan tanpa ada kecurangan demi kelancaran operasional perusahaan. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu audit pemasaran.

Apa Itu Audit Pemasaran?

Audit pemasaran, menurut kamus keuangan, adalah evaluasi atas operasi pemasaran suatu perusahaan. Audit pemasaran dilakukan untuk menemukan kemungkinan memperbaiki efektivitas kegiatan pemasaran. 

Audit pemasaran adalah kegiatan memeriksa dan menganalisis aktivitas pemasaran, target, dan tujuannya dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Dengan adanya audit pemasaran, Anda bisa melihat apakah selama ini kegiatan marketing sudah berjalan baik atau belum. 

Apabila kegiatan pemasaran perusahaan Anda masih belum berjalan dengan efektif atau maksimum, maka Anda bisa mencari tahu kekurangannya dari hasil audit pemasaran. Dengan hasil audit, Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk memperbaiki kegiatan pemasaran menjadi lebih baik. 

Selain itu, audit pemasaran juga berguna untuk memfokuskan kembali strategi dan tujuan marketing perusahaan. Mungkin selama ini kegiatan marketing yang dilakukan masih belum berjalan sesuai rencana awal. Dengan audit pemasaran, Anda bisa mengingat kembali target awal Anda. Jadi Anda bisa menyempurnakan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan tersebut. 

Cara Melakukan Audit Pemasaran

Berikut ini tips cara melakukan audit pemasaran yang bisa Anda terapkan bagi perusahaan atau bisnis. 

Menentukan Tujuan Marketing

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan pemasaran. Tulis tujuan marketing Anda secara jelas dan detail. Anda perlu menyusun tujuan jangka pendek dan jangka panjang. 

Tujuan jangka pendek merupakan target yang ingin Anda raih dalam waktu lebih singkat, misalnya tiga bulan hingga satu tahun. Sementara tujuan jangka panjang adalah target yang ingin Anda capai untuk waktu lama, misalnya periode lebih dari satu tahun. 

Menentukan Buyer Persona

Langkah selanjutnya sebelum melakukan audit pemasaran adalah Anda harus menentukan buyer persona. Buyer persona adalah gambaran target pelanggan atau pembeli Anda. Anda perlu mendefinisikan buyer persona dengan jelas dan detail agar strategi marketing Anda nantinya lebih tepat sasaran. 

Setiap bidang usaha dan produk memiliki buyer personanya masing-masing. Pastikan Anda sudah memiliki buyer persona untuk produk atau brand Anda. Cara menentukan buyer persona bisa dengan melihat detail, seperti umur, pekerjaan, hobi, status sosial, dan sebagainya. 

Riset Kompetitor

Riset kompetitor juga perlu Anda lakukan jika ingin melakukan audit pemasaran dengan baik. Anda perlu mencari tahu informasi dari 3-5 kompetitor terbesar dari produk atau brand Anda. Lihat produk apa saja yang mereka tawarkan. Anda bisa menyimpan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan bisnis. 

Mencatat Detail Produk atau Jasa Anda

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencatat detail produk atau jasa dari perusahaan Anda. Tulis semua informasi mengenai harga, jenis produk atau jasa, hingga data penjualan. Selain itu, pahami juga semua kekuatan dan kelemahan brand Anda. Jangan lupa mencatat aset marketing yang dimiliki, seperti bounce rate, marketing collateral, engagement, dan lainnya. 

Analisis Data

Setelah memahami dan mengumpulkan data marketing perusahaan Anda, selanjutnya Anda tinggal menganalisisnya. Dalam menganalisis, Anda dapat mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan dari kegiatan marketing yang sudah dijalankan selama ini. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu audit pemasaran dan fungsinya bagi perusahaan. Audit pemasaran perlu dilakukan secara berkala untuk mencari tahu kelebihan atau kekurangan dari kegiatan pemasaran. Dari hasil audit, Anda bisa melakukan evaluasi atas kegiatan pemasaran yang sudah dilakukan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.