Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebelum kita jauh-jauh bicara soal apa itu strategi marketing public relations tentunya kita harus paham betul apa perbedaan dari public relations (PR) dan juga marketing public relations (MPR).

Biasanya kalau kegiatan yang ada hubungannya dengan marketing public relations pasti tidak jauh dari tujuan untuk mempromosikan sebuah jasa ataupun produk yang bisa ditawarkan sebuah perusahaan bagi target market-nya serta memperkenalkan pula visi dan misi perusahaan kepada khalayak umum.

Nah kalau Public relations biasanya tentang sebuah penyebaran informasi yang menggunakan media online maupun cetak sebagai perantaranya, bisa juga penyelenggara kegiatan media relations serta penyelenggara konfrensi pers.

Mengenal Public Relations (PR)

Public Relations bisa dikatakan sebagai sebuah strategi yang biasa digunakan oleh individu, organisasi, maupun perusahaan untuk berkomunikasi guna membangun dan mempertahankan hubungan dengan baik sama target audiensinya. Citra positif sebuah organisasi dan perusahaan juga bisa dibangun menggunakan Public Relations pula.

Pasalnya, PR bisa dilakukan secara eksternal maupun internal. Adapun PR Internal biasanya berkutat tentang kegiatan-kegiatan yang diupayakan demi meningkatkan komunikasi dan hubungan antara karyawan dengan perusahaan dan juga meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Kemudian PR Eksternal merupakan sebuah kegiatan yang dibangun demi membentuk hubungan yang baik dengan masyarakat luas, termasuk pula konsumen, media massa dan juga stakeholder lainnya.

Apa Itu Strategi Marketing Public Relations (MPR)

Kalau Marketing Public Relations, yaitu merupakan sebuah strategi yang biasanya digunakan oleh organisasi atau perusahaan demi sebuah promosi citra positif mereka di depan para masyarakat serta menjalin hubungan yang baik dengan target audiens mereka.

Bisanya tujuan dari market public relations ini merupakan sebuah cara demi membangun citra positif organisasi atau perusahaan di pandangan masyarakat, dan menjalin hubungan yang baik dengan target audiensinya. Tujuannya tak hanya sampai di situ saja;

  • Membuat promosi produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada target market-
  • Mengenalkan visi dan misi perusahaan kepada masyarakat.
  • Menjawab pertanyaan dan kekhawatiran masyarakat terkait produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
  • Membangun hubungan yang baik dengan media massa demi menyebarkan informasi tentang perusahaan atau organisasi kepada masyarakat luas.
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
  • Bekerjasama dengan perusahaan lain atau organisasi untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
  • Mendengar dan menanggapi keluhan atau sikap negatif masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan, dan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.
  • Membentuk kepercayaan dan loyalitas masyarakat terhadap perusahaan atau organisasi.

Contoh Kegiatan Marketing Public Relations

Marketing public relations (MPR) merupakan sebuah strategi komunikasi yang digunakan oleh perusahaan buat membangun serta mempertahankan citra positif di mata masyarakat umum. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memakai bermacam cara, semacam membagikan keterangan kepada media, mengadakan kegiatan publik, ataupun mengeluarkan komunikasi resmi lainnya yang mempromosikan perusahaan ataupun produknya.

Apakah perusahaan mesti memakai marketing public relations? Ya, bergantung pada kebutuhan serta tujuan perusahaan. Bila perusahaan mau membangun citra positif di masyarakat sekitar ataupun mengelola reputasi perusahaan, maka marketing public relations bisa jadi strategi yang efisien. Tetapi, bila perusahaan tidak memperlukannya, maka dia bisa saja tidak butuh memakai marketing public relations.

Berikut ini Beberapa Contoh Kegiatan Marketing Public Relations:

Acara ataupun Event Kegiatan Marketing Public Relations

Penyelenggaraan acara-acara yang bertujuan demi memperkenalkan produk ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan kepada sasaran audiensnya. Kegiatan public relations ini bisa jadi metode efisien buat mempromosikan perusahaan ataupun produknya kepada masyarakat serta membangun citra positif di pandangan masyarakat.

Tetapi, perusahaan wajib memastikan kalau kegiatan public relations yang diselenggarakannya sesuai dengan tujuan serta strategi komunikasi yang sudah ditetapkan.

Memberikan Informasi ke Media

Biasanya penyebaran informasinya lewat media cetak ataupun online, semacam surat kabar, majalah, radio, serta tv. Penyebaran informasi oleh marketing public relations ialah salah satu tujuan utama dari aktivitas public relations. Informasi tersebut bisa berbentuk informasi tentang perusahaan, produk, ataupun layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Penyebaran informasi ini bisa dicoba lewat bermacam metode. Penyebaran informasi oleh public relations bisa menolong perusahaan membangun citra positif di masyarakat serta mempertahankan reputasi perusahaan. Tetapi, perusahaan wajib memastikan kalau informasi yang disebarkan sesuai dengan tujuan serta strategi komunikasi yang sudah ditetapkan, dan tidak merugikan pihak lain ataupun tidak mempunyai konten yang tidak sesuai. Informasi pula bisa dicoba memakai situs. Press release ke Media ialah Contoh Kegiatan Marketing Public Relations.

Kegiatan Marketing Public Relations Lainya

Siaran pers, Siaran pers oleh PR merupakan statment tertulis yang dikeluarkan oleh organisasi ataupun individu buat berbagi informasi dengan publik serta media. Informasi ini kerap digunakan demi membuat pengumuman produk ataupun layanan baru, kegiatan, ataupun pencapaian, ataupun buat memberikan pembaruan tentang kegiatan ataupun permasalahan yang ada. Siaran pers umumnya didistribusikan lewat saluran berita online, media sosial, ataupun langsung ke wartawan serta berita nasional.

Penyelenggaraan Program Sosial

Penyelenggaraan program-program sosial yang bertujuan buat menolong masyarakat sekitar ataupun menyebarkan informasi tentang kegiatan-kegiatan industri yang berguna untuk masyarakat. Dengan menyelenggarakan program-program sosial, perusahaan bisa menguatkan citra positifnya di mata masyarakat, konsumen, serta investor.

Perihal ini bisa tingkatkan keyakinan serta loyalitas terhadap perusahaan. Program-program sosial bisa menolong perusahaan buat membangun kemitraan serta ikatan yang lebih dekat dengan masyarakat sekitar lokasi perusahaan berjalan. Perihal ini bisa menolong perusahaan buat jadi bagian dari penyelesaian atas bermacam permasalahan yang dialami oleh masyarakat tersebut.

Penyelenggaraan Penghargaan Ataupun Lomba

Penyelenggaraan program-program penghargaan ataupun lomba buat tingkatkan citra perusahaan di mata masyarakat itu penting banget. Dengan mengadakan lomba ataupun program penghargaan, perusahaan bisa mendorong inovasi serta kreativitas dari karyawan, pelanggan, ataupun masyarakat umum. Perihal ini bisa menolong perusahaan buat meningkatkan produk ataupun layanan yang lebih unggul serta sesuai dengan kebutuhan pasar.

Menjalakan Kerjasama Dengan Perusahaan Lain Ataupun Organisasi

Menjalakan kerjasama dengan perseroan lain ataupun organisasi yang bertujuan demi mempromosikan produk ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Kerjasama dengan perusahaan lain ataupun organisasi bisa menolong industri buat tingkatkan efisiensi serta produktivitas dengan metode menggunakan sumber daya yang dimiliki secara lebih maksimal, mengurangi anggaran, serta mengembangkan kesejahteraan bersama.

Jadi setelah mengetahui tentang apa itu strategi marketing public relations, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!