Tertarik Masuk Jurusan Public Relations? Berikut Prospek Karir di Banyak Bidang yang Menjanjikan
Ilustrasi Public Relation (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Jurusan Public Relations merupakan penggabungan konsep hubungan masyarakat dan ilmu komunikasi yang membuat mahasiswanya memiliki hubungan baik dengan publik. Selain mengasah kemampuan public speaking, jurusan ini juga akan melatih kamu menjadi sosok yang mampu mengikuti perkembangan zaman.

Bagaimana tidak? Saat berkecimpung di bagian Public Relations, kamu akan belajar mengamati perkembangan informasi di berbagai media. Apalagi saat ini perkembangan teknologi telah merambah banyak bidang, termasuk dalam aktivitas bisnis dalam menjaga reputasi perusahaan.

Perkembangan teknologi tersebut kemudian juga mempengaruhi fungsi dan tugas Public Relations hingga istilahnya sedikit bergeser menjadi Digital Public Relations. Nah, jika kamu tertarik masuk jurusan Public Relations, kamu sangat perlu beradaptasi dengan kondisi ini agar bisa meningkatkan eksposur perusahaan.

Dalam sebuah organisasi, peran Public Relations memang sangat vital terutama dalam mengelola komunikasi dua arah antara organisasi dan masyarakat. Dengan demikian, tujuan dalam organisasi dapat tercapai dari terpeliharanya hubungan baik antar pihak yang terlibat dalam manajemen program.

Prospek Karir Digital Public Relations

Peluang di masa depan dari jurusan Public Relations sebenarnya sangat luas. Mulai dari bekerja di perusahaan atau media, hingga bekerja secara independen dan membangun bisnis sendiri sesuai dengan rencana yang kamu miliki. Berdasarkan ilmu yang akan kamu pelajari, kegiatan Public Relations bisa merambah banyak bidang industri digital, diantaranya adalah:

1. Publisher Marketing Public Relations

Publisher Marketing Public Relations bertugas membuat press release dan mempersiapkan informasi bagi media mengenai perusahaan, termasuk program promosi. Peran ini penting untuk mengembankan citra dan identitas perusahaan serta memberikan informasi berkala pada eksekutif dan menjawab pertanyaan media.

Digital PR akan bertanggung jawab mengembangkan strategi media sosial perusahaan untuk meningkatkan awareness dan menaikkan engagement. Kamu perlu membuat content plan dan membangun relasi yang baik dengan influencer agar mampu menciptakan konten multimedia yang efektif.

Tidak hanya itu, Digital PR yang bertanggung jawab pada posisi ini juga berperan penting dalam menjaga komunikasi dengan klien. Baik melalui telepon, email, conference call maupun ketika diperlukan dalam kegiatan bertatap muka langsung dengan konsumen.

2. Marketing Communication Manager

Sejalan dengan keterampilan yang dibutuhkan bagi Publisher Marketing Public Relations, lebih spesifik lagi terdapat peran Marketing Communication Manager. Kemampuan yang perlu dimiliki adalah copywriting untuk menulis content plan dan menyusun pitch yang dikirimkan untuk calon klien baru.

Copywriting diperlukan untuk menyesuaikan target audiens dengan karakteristik sebuah brand agar sasaran penjualan dapat tercapai. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan menulis yang baik dari sudut pandang yang lebih spesifik dan meyakinkan.

3. Corporate Secretary

Meski terlihat sederhana, tugas sekretaris perusahaan sebenarnya cukup banyak. Mulai dari administrasi, birokrasi, compliance, hingga general affairs. Banyaknya tanggung jawab yang perlu diatur oleh Corporate Secretary adalah keterampilan multitasking dan perencanaan yang baik.

Ketelitian terhadap detail juga diperlukan agar bisa membuat dokumen yang kamu kelola dapat terorganisir dengan baik. Di sisi lain, kemampuan komunikasi yang efektif dan keterampilan mengambil keputusan yang mumpuni juga perlu. Sehingga diperlukan kemampuan digital PR untuk menggunakan teknologi agar pekerjaan menjadi lebih rapi.

4. External Affair

Beberapa perusahaan perlu memiliki izin dan memenuhi perundang-undangan yang berlaku agar perusahaan bisa berjalan dengan baik. Di sisi lain, External Affair bertanggung jawab untuk menjalin hubungan dengan masyarakat, media, LSM, dan para stakeholder.

Mulai dari mengidentifikasi potensi konflik dengan masyarakat untuk menjadi pertimbangan manajemen agar bisa diatasi sebelum terjadi permasalahan. Hingga menjalin hubungan harmonis antara perusahaan dengan semua pihak yang berkepentingan untuk meningkatkan citra perusahaan.

Tugas pentingnya adalah memonitor kegiatan komunitas yang dimiliki sebuah perusahaan dan memastikannya berjalan sesuai dengan program perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan ilmu dari Public Relations agar bisa menjalin komunikasi yang baik antar pihak.

5. Investor Relations Manager

Seperti namanya, Investor Relations Manager bertanggung jawab untuk mengatur pertemuan dengan banyak pihak sekaligus mengatur rapat bersama pemegang saham. Tanggung jawab ini membuat seorang Investor Relations Manager agar banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di perusahaan.

Setelah membaca ulasan ini, kamu tentunya menjadi lebih paham mengenai peran Public Relations yang cukup vital di berbagai prospek karir. Dengan demikian, kamu perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan khusus agar bisa maksimal bekerja di bidang ini dengan belajar di kampus terbaik.

Sebenarnya, banyak universitas yang memiliki jurusan Public Relations untuk mendalami bidang ini dan mencapai karir yang kamu inginkan. Namun ternyata tidak banyak kampus yang mengembangkan jurusan Public Relations yang mampu beradaptasi dengan perkembangan digital.

Oleh karena itu, kamu bisa masuk ke LSPR untuk mendapatkan ilmu mengenai Public Relations terbaik. Jurusan Public Relation di LSPR telah beradaptasi dengan perkembangan digital, sehingga ilmu dan kegiatan Public Relations yang akan kamu peroleh akan membantumu mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Segera daftarkan dirimu sekarang juga! (ADV)