Lulusan Manajemen Kerja Apa? Ini Sederet Prospek Kariernya
Ilustrasi karier lulusan Manajemen (Foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Manajemen menjadi salah satu jurusan kuliah yang selalu memiliki banyak animo pendaftar. Tiap pembukaan penerimaan mahasiswa di tahun pelajaran baru, pendaftar jurusan Manajemen selalu membeludak. Banyak yang menanyakan lulusan Manajemen kerja apa?

Banyak mahasiswa baru yang tertarik mendaftar jurusan Manajemen karena prospek kerjanya yang banyak dan menjanjikan. Peluang karier bagi para lulusan manajemen sangat terbuka lebar, mengingat setiap perusahaan membutuhkan seorang yang ahli strategi dan pengelolaan perusahaan. 

Manajemen merupakan jurusan yang umumnya tergabung dalam Fakultas Ekonomi bersama jurusan Bisnis dan Akutansi. Program studi atau jurusan Manajemen mempelajari tentang pengelolaan suatu perusahaan atau organisasi. Mahasiswwa Manajemen akan fokus mempelajari pengelolaan, perencanaan, mengatur semua proses dalam perusahaan.

Lulusan Manajemen Kerja Apa?

Sejak lama, lulusan di Fakultas Ekonomi diyakini memiliki peluang karier yang bagus. Materi tentang keuangan dan bisnis yang mereka pelajari sangat berkaitan dengan sumber cuan dan koorporasi. Berikut beberapa proses kerja mahasiswa Manajemen.

Manajer Marketing

Salah satu prospek karier jurusan Manajemen adalah Manajer Marketing. Manajer Marketing menjadi impian banyak orang karena menempati jabatan yang tinggi dalam pemasaran perusahaan. 

Lulusan jurusan Manajemen dapat berkarier sebagai Manajer Marketing karena selama kuliah mempelajari tentang pemasaran. Mulai dari pemasaran produk, periklanan, target pasar, dan lainnya. Seorang Manajer Marketing juga perlu menguasai keterampilan berkomunikasi dan psikologi konsumen. 

Manajer Keuangan

Selain Manajer Marketing, lulusan jurusan Manajemen juga bisa menjadi Manajer Keuangan. Posisi Manajer Keuangan banyak didambakan oleh para jobseeker karena memegang jabatan tinggi dalam pengelolaan keuangan perusahaan. 

Sarjana Manajemen dapat berkarier sebagai Manajemen Keuangan karena telah mempelajari beberapa materi, seperti laporan administrasi keuangan, penanganan arus keluar-masuk keuangan perusahaan, pengelolaan keuangan, dan sebagainya.

Manajer Operasional

Propek karier lainnya bagi jurusan manajemen adalah menjadi Manajer Operasional. Posisi ini menempati jabatan tinggi dalam pengaturan operasional perusahaan. Manajer Operasional bertugas merancang, mengawasi, dan mengoptimalisasi proses operasional perusahaan. 

Mahasiswa lulusan Manajemen dapat berkarier menjadi Manajer Operasional karena telah mempelajari tentang motode produksi barang dan jasa, serta wawasan menjalankan operasional perusahaan. 

Konsultan Bisnis atau Perusahaan 

Lulusan jurusan Manajemen juga berpeluang menjadi seorang konsultan. Banyak perusahaan dari berbagai bidang yang membutuhkan profesi ini. Konsultan diperlukan untuk membantu memberi solusi dan masukan bagi operasional perusahaan, sistem karyawan, dan perencanaan pengembangan perusahaan. 

Seorang konsultan bisnis atau perusahaan dituntut untuk memiliki kecakapan dan wawasan di beberapa bidang, seperti perencanaan bisnis, analisis data, peningkatan SDM, penentuan acuan kerja, dan sebagainya. 

Analis Data

Analis Data menjadi salah satu profesi karier bagi lulusan Manajemen. Peluang pekerjaan mahasiswa Manajemen tidak hanya di bidang keuangan, namun juga bisa dalam bidang pengelolaan data. 

Seorang analis data bertugas melakukan riset kondisi pasar atau penjualan produk sebuah perusahaan. Data yang didapatkan akan diterjemahkan menjadi informasi yang mudah dipahami oleh stakeholder atau semua pihak dalam perusahaan.

Data yang sudah dikumpulkan oleh seorang Analis Data kemudian digunakan sebagai pandangan strategi mengembangkan bisnis. Dari data tersebut, dapat dilihat solusi dan strategi yang tepat untuk kemajuan perusahaan. 

Entrepreneur

Tidak hanya menjadi pekerja di perusahaan. Seorang lulusan Manajemen juga cocok untuk menjadi pebisnis atau entrepreneur. Ilmu-ilmu yang sudah dipelajari selama di perkuliahan dapat menjadi bekal untuk membangun bisnis sendiri dan mengembangkannya.  

Mahasiswa Manajemen telah belajar riset pasar, pengelolaan dan pengemabngan produk, manajemen produksi, manajemen SDM, pencatatan keuangan, strategi pemasaran, dan sebagainya. Dengan banyak wawasan tersebut, lulusan Manajemen dapat membangun bisnis sendiri dengan matang dan berkelanjutan. 

Itulah prospek karir jurusan Manajemen. Kini anda tidak bertanya-tanya lagi lulusan manajemen kerja apa? Ada banyak jenis profesi yang dapat diisi oleh para lulusan Manajemen. Jadi tinggal ingin konsen di bidang apa, apakah pemasaran, operasional, keuangan, dan sebagainya? 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.