7 Propek Kerja Agribisnis di Tanah Air: Konsultan Pertanian hingga <i>Commodities Trader</i>
Ilustrasi prospek kerja agribisnis. (Unsplash/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Prospek kerja agribisnis terbuka lebar, terutama di sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan. Selain itu, lulusan agribisnis juga dapat mengambil posisi finansial, pemasaran, operasional dan manajemen di sebuah perusahaan. Sebab, semasa kuliah, Anda juga mempelajari mempelajari suatu bisnis yang bergerak di bidang pertanian beserta segala komponen pendukungnya.

Asal tau saja, Jurusan Agribisnis merupakan gabungan kata dari agriculture bermakna pertanian dan business yang berarti bisnis. Artinya, jurusan ini mempelajari bidang pertanian beserta bisnis dalam pengelolaan pertanian modern dan industri makanan untuk pengelolan sekala UMKM hingga perusahaan.

Prospek Kerja Agribisnis

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Rabu, 18 Januari 2023, berikut prospek kerja untuk para lulusan agribisnis:

  1. Konsultan Pertanian

Lulusan agribisnis punya peluang untuk menjadi konsultan pertanian. seorang konsultan pertanian betugas untuk mengarahkan, membina, dan melakukan penyuluhan kepada para petani agar supaya dapat memaksimalkan hasil panen.

Konsultan pertanian dapat membuat membuat program unggulan pertanian terutama dalam diversifikasi usaha tani.

  1. Lembaga Penelitian

Lulusa agribisnis juga juga berpeluang menjadi peneliti di sebuah lembaga penelitian seperti LIPI ataupun lembaga lainnya.

Ilmu pengetahuan tentu akan selalu terus menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Salah satu contohnya adalah ilmu mengenai tanaman, seperti bagaimana cara untuk mempercepat panen, meningkatkan produk pertanian dan beragam hal-hal lainnya.

  1. Karyawan Perusahaan Bidang Pertanian (BUMN atau Swasta)

Peluang kerja di perusahaan swasta maupun BUMN yang bergerak di bidang pertanian terbuka lebar untuk para lulusan agribisnis.

Selain mengurusi bidang pertanian, sarjana agribisnis bisa mengambil posisi finansial, pemasaran, operasional, dan manajemen.

Posisi-posisi ini dapat Anda ambil, sebab selama menjadi mahasiswa tidak hanya mempelajari dunia pertanian saja, namun juga melihat dari seluruh aspek bisnis. Dengan demikian, Anda akan memiliki ilmu – ilmu mendasar terkait pengelolaan perusahaan.

  1. Pegawai Instansi Pemerintahan

Prospek kerja agribisnis yang selanjutnya yakni dapat memilih bekerja di beberapa instansi pemerintah, mulai dari Dinas Pertanian Daerah hingga Kementerian Pertanian.

Sebagai instansi yang mengurusi masalah pertanian di Indonesia, mereka tentu menyediakan tempat untuk lulusan agribisnis.

  1. Dosen atau Akademisi
Ilustrasi akademisi atau dosen
Ilustrasi akademisi atau dosen (Pixabay). 

Lulusan agribisnis juga bisa menjadi dosen, asalkan Ada melanjutkan studi ke jenjang S2 atau bahkan S3.

Dosen sebagai pendidik, identik dengan kemampuan untuk mengajar dan menyampaikan materi di depan kelas. Meskipun profesi ini juga dilakukan untuk mencari uang, tetapi sebagai tenaga pendidik diperlukan dedikasi juga dalam memberikan setiap ilmu.

  1. Pengusaha atau Entrepenuer

Lulusan agribisnis punya peluang yang besar untuk menjadi entrepenuer karena telah dibekali dengan ilmu sosial ekonomi.

Sebagai negara agraris, Indonesia menyimpan potensi yang besar di sektor pertanian, perkebunan, tanaman pangan, kehutanan, dan lain sebagainya. Potensi itu bisa Anda maksimalkan dengan membuat usaha di sektor agrikultur.

Selain itu, Anda juga menciptakan platform digital untuk pertanian agar dapat mengerek produk yang dihasilkan para petani.  

  1. Commodities Trader

Prospek kerja agribisnis juga terbuka untuk menjadi commodities trader. Seorang commodities trader bertanggung jawab untuk menegosiasikan harga komoditas, memantau tren pasar, memantau proses pengiriman dan penerimaan, serta memprediksi cuaca dan keberhasilan panen.

Beberapa skill yang wajib Anda miliki untuk terjun menjadi commodities trader adalah pengetahuan keuangan yang mumpuni, kemampuan komunikasi terutama terhadap calon konsumen, serta decision making yang tepat sasaran.

Demikian informasi tentang prospek kerja agribisnis. Semoga bermanfaat!