8 Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan yang Digaji Tinggi
Ilustrasi prospek kerja Ekonomi Pembangunan (Pexels/Rebrand Cities)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ekonomi menjadi salah satu jurusan yang selalu mendapatkan animo tinggi saat penerimaan mahasiswa baru. Salah satu jurusan yang banyak diminati adalah ekonomi pembangunan. Banyak orang mendaftar jurusan ini karena prospek kerja ekonomi pembangunan sangatlah luas dan menawarkan gaji tinggi. 

Ekonomi pembangunan memang menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan bagi kelanjutan karier setelah lulus kuliah. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan melakukan analisis terhadap isu dan permasalahan ekonomi, serta mencari solusinya. Itulah mengapa lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan. 

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan

Ilmu atau kompetensi yang dimiliki oleh para lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan banyak dibutuhkan di berbagai instansi, mulai dari pemerintahan, perusahaan swasta, perbankan, perusahaan teknologi, perusahaan energi, dan lainnya. Berikut sejumlah prospek kerja jurusan Ekonomi Pembangunan yang akan membuat Anda semakin mantap mengambil jurusan ini. 

Business Analyst

Salah satu prospek kerja jurusan Ekonomi Pembangunan yang diincar oleh banyak mahasiswa adalah menjadi business analyst. Profesi ini tidak hanya bisa diambil oleh lulusan manajemen, namun juga cocok bagi Anda yang berkuliah di jurusan Ekonomi Pembangunan.

Lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam profesi ini, seperti perencanaan, inisiasi, monitoring, pelaksanaan, hingga membuat laporan gaji. Profesi ini juga memiliki gaji yang fantastis. Apabila pengalaman Anda sudah banyak dan di level senior, maka Anda bisa mendapatkan gaji lebih tinggi lagi. 

Staf Pengembangan dan Penelitian

Apabila Anda termasuk orang yang menyukai aktivitas penelitian, maka jurusan ini cocok bagi Anda. Salah satu prospek karier jurusan Ekonomi Pembangunan adalah menjadi staf pengembangan dan penelitian. 

Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk memastikan standar kualitas bisnisnya. Profesi ini akan membantu perusahaan melihat apa yang sudah tercapai dan yang masih perlu ditingkatkan. Peran dari staf pengembangan dibutuhkan oleh perusahaan untuk perkembangan dan kemajuan bisnis dalam jangka panjang. 

Credit Analyst

Lulusan Ekonomi Pembangunan juga bisa bekerja sebagai credit analyst. Profesi ini dibutuhkan untuk melakukan analis laporan keuangan dan inventaris perusahaan. Selain itu, profesi ini juga bertugas untuk membuat pedoman tentang kelayakan kredit untuk nasabah yang ingin mengajukan pinjaman dana dalam jumlah besar. 

Aktuaris

Profesi lain yang bisa diambil oleh lulusan Ekonomi Pembangunan adalah menjadi aktuaris. Aktuaris bertugas untuk menyusun rancangan tentang produk asuransi serta premi yang polis bayarkan. Selain itu, profesi ini juga berperan menetapkan status keuangan dan melakukan proyeksi keuangan perusahaan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. 

Pegawai Bank

Profesi pegawai bank juga menjadi prospek karier lulusan Ekonomi Pembangunan. Anda bisa mendaftar sebagai pegawai bank, baik BUMN maupun swasta. Anda bisa bekerja sebagai back office dan apabila sudah berpengalaman maka akan mendapatkan kesempatan dipromosikan menjadi manajer atau supervisor. 

Pegawai Instansi Pemerintah

Tak hanya bekerja di perusahaan swasta dan lembaga keuangan, lulusan Ekonomi Pembangunan juga dapat bekerja sebagai pegawai instansi pemerintahan. Anda bisa bekerja sebagai pegawai pemerintahan yang bertugas membuat perencanaan pembangunan secara nasional, serta membuat kebijakan dan analisis terkait pertumbuhan ekonomi. 

Dosen

Apabila Anda memang konsen di bidang akademik atau pendidikan, lulusan Ekonomi Pembangunan juga bisa menjadi dosen. Profesi ini bertugas mengajarkan materi seputar Ekonomi Pembangunan baik di kampus negeri maupun swasta. Jenjang karier dosen akan dinilai dari golongan berdasarkan pendidikan, jumlah penelitian, dan pengalaman mengajar. 

Pebisnis

Sudah pasti lulusan Ekonomi Pembangunan cocok menjadi pebisnis atau wirausahawan. Berbekal ilmu ekonomi dan manajemen maka Anda tahu bagaimana menjalankan bisnis dengan baik. Anda tentunya memiliki kompetensi untuk menganalisa dan mengembangkan kemajuan bisnis Anda.

Itulah sejumlah prospek kerja Ekonomi Pembangunan yang bisa Anda targetkan. Jurusan ini memiliki prospek karier yang sangat luas dan menawarkan gaji tinggi. Namun pencapaian tersebut sangat bergantungan pada kompetensi dan pengalaman Anda.. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.