Kunci Sukses Bisnis Kuliner yang Wajib Dipahami Pemula, Produk Selalu Ludes!
Ilustrasi kunci sukses bisnis kuliner (Foto: Dok. Shutterstock/Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang disebut cukup menjanjikan. Namun menjalankan usaha kuliner tak semudah yang dibayangkan. Jika ingin memulainya, anda perlu tahu kunci sukses bisnis kuliner. 

Bisnis kuliner disebut juga sebagai bisnis yang tak pernah mati atau tidak pernah sepi pembeli. Pasalnya, makanan adalah kebutuhan pokok yang dicari orang setiap hari. Selain itu, ada beragam jenis kuliner yang bisa jadi ide bisnis. 

Sayangnya tak semua bisnis kuliner bisa sukses. Ada yang mengalami kerugian, tidak berkembang, hingga bangkrut dan gulung tikar. Bisnis kuliner mempunya banyak tantangan dan kompetisi yang ketat. Pengusaha yang berhasil menjalankan bisnis kuliner adalah mereka yang tahu kunci sukses bisnis kuliner. 

Kunci Sukses Bisnis Kuliner

Ada beragam jenis kuliner yang bisa anda pilih sebagai ide bisnis. Usahakan memilih kuliner yang anda sukai dan kenali, atau yang menurut anda potensial. Setelah memutuskan jenis makanannya, selanjutnya anda harus menyusun strategi bisnis. 

Strategi menjadi salah satu kunci untuk menjalankan bisnis kuliner sukses. Bisnis tanpa strategi sama seperti berkendara tanpa tahu arah dan tujuan. Anda tidak akan pernah sampai ke tempat tujuan, bahkan menghabiskan banyak waktu dan bahan bakar. Terapkan kunci-kunci bisnis sukses berikut ini. 

Memperhatikan Kualitas Produk

Kunci bisnis kuliner yang perlu anda perhatikan pertama kali adalah kualitas. Kualitas artinya rasa makanan yang anda sajikan harus berkualitas atau lezat. 

Seperti kata pepatah, “ada harga ada kualitas”. Jika makanan anda berkualitas, maka orang-orang akan terus membeli produk bisnis anda berapun harga jualnya. Perlu dicatat oleh pemilik bisnis, kualitas makanan meliputi segala hal mulai dari bahan. Anda perlu memperhatikan bahan yang digunakan, kebersihan/higienitas, hingga penyajian dan pengemasannya. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan alat pengolahan makanan dan perangkat makan. 

Berikan Inovasi

Bisnis kuliner dikenal sebagai bisnis yang bersifat long lasting atau tak pernah mati. Namun di sisi lain, tingkat kompetitor dalam bisnis ini juga sangat tinggi. Untuk mengatasi hal itu, anda sebagai pemilik bisnis perlu mengeluarkan inovasi. 

Jika kamu tidak memiliki inovasi, maka kamu hanya akan menjadi produk bisnismu bersifat biasa-biasa saja di mata calon pembeli. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan bisnis kuliner yang menjual produk sama denganmu. 

Oleh karena itu, inovasi menjadi kunci sukses bisnis kuliner. Memang tidak mudah untuk bisa menemukan inovasi. Anda harus terus menggali potensi yang bisa dikembangkan dari produk anda. Misalkan inovasi dari segi rasa, pelayanan, kemasan, varian menu, dan sebagainya. Kuliner yang inovatif akan membuat orang mudah melirik dan tertarik membeli. 

Pelayanan yang Baik dan Ramah

Bisnis tidak hanya berbicara tentang produk yang dijual. Komponen bisnis sangatlah banyak, mulai dari bahan baku hingga pelayanan. Oleh karena itu, pelayanan menjadi salah satu kunci sukses bisnis kuliner. 

Produk yang berkualitas harus diimbangi dengan pelayanan yang berkualitas juga. Sebagus atau selezat apapun produkmu, tapi kalau pelayanannya kurang baik, maka pelanggan jadi malas membeli. Jadi anda harus memperhatikan pelayanan dalam bisnis anda. 

Berikan pelayanan yang baik dan ramah. Posisikan costumer atau pembeli adalah seorang raja. Misalnya dengan selalu tersenyum kepada pembeli, bersikap ramah, menyapa namanya, hingga menyajikan secara sopan. Selain itu, anda harus terus menjaga hubungan baik dengan konsumen. Buatlah pembeli merasa senang dan nyaman ketika membeli produk anda. 

Marketing yang Tepat

Kunci bisnis kuliner yang juga tak boleh anda lupakan adalah marketing atau pemasaran. Marketing adalah strategi anda mengenalkan produk bisnis kepada calon konsumen anda. Namun yang perlu anda pahami sebelum memulainya adalah mengetahui target market yang tepat. 

Setiap bisnis mempunyai target market atau pembelinya masing-masing. Jika anda tidak tahu target market bisnis anda, maka marketing anda menjadi tidak efektif. Anda tidak tahu strategi marketing yang harus diterapkan dan di mana marketing tersebut harus dijalankan. Akhirnya marketing anda jadi boros biaya dan waktu.

Jadi kenali dulu siapa segmen yang membutuhkan dan menginginkan produk anda. Lalu susun strategi marketing seperti apa yang menarik untuk mereka. Jangan lupa juga kenali media mana yang paling efektif untuk menjangkau target market anda. 

Itulah beberapa kunci sukses bisnis kuliner yang wajib dipahami pebisnis pemula. Melangkah tanpa strategi yang jelas hanya akan membuat anda rugi dalam banyak hal. Jadi aplikasikan kunci-kunci bisnis itu tadi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.