WhatsApp Siapkan Fitur di Grup yang Bisa Cegah Pengguna dari Hoaks
WhatsApp diklaim akan memberi admin grup kemampuan untuk menghapus pesan yang dikirim oleh anggota grup lainnya. (foto: Ilustrasi WhatsApp Mobilemarketing.com)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp tahun ini banyak menggelontorkan fitur baru untuk penggunanya, yang memberikan mereka kenyamanan menggunakan pesan instan dengan berbagai kemajuan, termasuk fitur baru untuk obrolan grup.

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp diklaim akan memberi admin grup kemampuan untuk menghapus pesan yang dikirim oleh anggota grup lainnya. Hal ini cukup penting, karena WhatsApp ingin penggunanya mengetahui adanya batasan untuk mengirim pesan ke pengguna lain di grup.

Memang, sekarang WhatsApp hanya mengizinkan pengirim asli pesan untuk menghapus pesan mereka. Aplikasi juga tidak mengizinkan pesan-pesan ini dihapus setelah jangka waktu tertentu sejak dikirim, bahkan oleh pengirim aslinya.

Kemungkinan besar, fitur anyar ini akan segera datang ke aplikasi tersebut. Terlihat tangkapan layar yang diunggah oleh WABetaInfo menunjukkan bahwa admin grup WhatsApp akhirnya dapat menghapus pesan yang diposting oleh anggota grup lainnya.

“Ini telah dihapus oleh admin,” tulis tangkapan layar itu. Ini menunjukkan bahwa WhatsApp sedang dalam tahap awal pengujian fitur itu untuk beberapa penguji awal.

Mengutip Digital Trends, Selasa, 21 Desember, fitur ini tidak akan datang sendirian, bersamaan dengan itu, WhatsApp diduga akan meluncurkan seperangkat alat moderasi konten, yang kemungkinan akan membantu aplikasi pesan instan melepaskan predikatnya sebagai sarang berita palsu.

Hal ini bermula saat fitur Forward telah disalahkan atas beberapa insiden mengerikan di seluruh dunia, khususnya di India, di mana rumor yang tidak terkendali telah menyebabkan beberapa kasus hukuman mati tanpa pengadilan dan keadilan massa.

Fakta bahwa fitur maupun alat moderasi konten itu berpotensi menyelamatkan nyawa adalah alasan yang cukup baik untuk diluncurkan secepat mungkin. Sebelumnya, WhatsApp juga telah membatasi kemampuan non-anggota untuk mengirim pesan ke grup dan melarang anggota yang tidak patuh.

Meski beberapa fitur di atas terlihat menarik dan sangat berguna, sayang fitur ini belum masuk ke salah satu rilis beta WhatsApp, dan tak diketahui pasti kapan akan resmi dirilis.