Cara Blokir Anggota Grup WhatsApp Bawel
Ilustrasi/Foto: Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp adalah aplikasi berbagi pesan instan yang sangat populer. Aplikasi ini banyak digunakan lantaran kemudahan fungsinya. Selain bisa mengirim pesan teks, Anda juga bisa berbagi pesan suara atau audio, dokumen, foto bahkan video.

Melalui WhatsApp, Anda dapat berinteraksi dalam beberapa pengguna lainnya lewat fitur grup. Di sini, Anda bisa mengundang banyak pengguna hingga ratusan orang untuk saling bertukar informasi atau sekedar mengobrol. Grup ini tidak jarang juga dimanfaatkan untuk koordinasi seputar pekerjaan.

Meski grup WhatsApp memudahkan interaksi dengan sejumlah kontak dalam waktu yang bersamaan, namun tidak jarang percakapan yang muncul di grup menjadi tidak terarah dan membuat tidak nyaman. Sebab, ada kalanya muncul anggota yang terlalu bawel di grup WhatsApp.

Dalam sebuah grup WhatsApp, tentu ada saja anggota grup yang cerewet dan gemar mengirim pesan meresahkan. Sesungguhnya, anggota grup tersebut dapat Anda batasi demi untuk menghindari spam chat.

Maka, untuk mengatasinya, batasi saja pengirim pesan di grup WhatsApp tersebut. Dikutip dari Sohne.net, Anda bisa mengontrol dan membatasi percakapan dalam grup jika Anda memiliki kapasitas sebagai admin.

“Caranya adalah dengan opsi baru bernama "Only Admins" di dalam menu "Send Message" di setting aplikasi. Jika Anda mengaktifkan opsi ini, maka secara otomatis hanya anggota yang terdaftar sebagai administrator saja yang bisa mengirim pesan ke sebuah grup,” demikian ulasan di laman tersebut.

Keberadaan anggota grup yang bawel memang membuat diskusi yang diinginkan tak kunjung tercapai. Kemudian obrolan malah melebar ke topik tidak penting atau cenderung mengganggu. Bahkan cenderung menenggelamkan pesan-pesan yang lebih penting.

Maka, kehadiran fitur untuk membatasi pesan dari para anggota grup ini diharapkan dapat memuluskan penggunaan grup untuk keperluan tertentu. Terlebih jika tujuannya untuk memberikan pengumuman penting yang bersifat satu arah.

Lantaran hanya admin yang bisa menulis pesan dalam grup, maka pengumuman penting pun tak akan tenggelam gara-gara ada balik obrolan tidak penting dari para anggota.

Perlu Anda ketahui, pembaruan mengenai pengaturan pada obrolan grup ini telah tersedia di WhatsApp iOS versi 2.18.70 dan Android versi 2.18.201. Pengaturan dapat dilakukan admin grup dengan membuka "Group Info" kemudian pilih "Group Setting" dan pilih opsi "Send Message".

Admin juga bisa memilih antara dua opsi yang tersedia yakni "All Participant" (semua anggota grup) atau "Only Admins" (hanya admin). Apabila opsi "hanya admin" yang dipilih, maka akan muncul notifikasi yang menyebutkan bahwa admin telah mengganti setelan grup. Dengan demikian hanya mengizinkan admin untuk mengirim pesan.

Sebaliknya di jendela anggota lain, kolom ketik pesan akan hilang. Lalu diganti dengan informasi bahwa "hanya admin yang bisa mengirim pesan".

Anggota lain dapat mengecek siapa saja admin yang diizinkan untuk mengirimkan pesan dengan mengetuk tulisan "admin" berwarna hijau. Kemudian, admin bisa mengembalikan lagi setting "Send Message" seperti semula apabila memang diinginkan.

Admin juga bisa melakukan pengaturan yang sama untuk mengubah info grup. Melalui opsi "Edit group info", admin bisa memilih semua anggota yang bisa mengubah subjek, deskripsi, hingga ikon profil grup. Atau, bisa juga diatur hanya admin saja yang bisa melakukannya.

Demikian informasi mengenai cara memblokir anggota grup WhatsApp yang terlalu cerewet sehingga mengganggu, tanpa harus mengeluarkannya. Pastikan keberadaan grup WhatsApp lebih nyaman dan bermanfaat. Selamat mencoba.