Pemilik RaidForums, Diego Santos Coelho, Segera Diekstradisi ke AS untuk Diadili Atas Tuduhan Perdagangan Data Curian
Christopher Wray , Dierektur FBI. (foto: twitter @FBI)

Bagikan:

JAKARTA - Pihak berwenang AS dan Eropa mengumumkan pada Selasa, 12 April, bahwa mereka telah menyita RaidForums, situs web populer yang digunakan oleh peretas untuk membeli dan menjual data curian. Pemerintah Amerika Serikat juga membuka tuntutan terhadap pendiri dan kepala administrator situs web, Diego Santos Coelho.

Coelho, pemuda berusia 21 tahun dari Portugal, ditangkap di Inggris pada 31 Januari 2022, dan tetap dalam tahanan sementara Amerika Serikat diekstradisi untuk diadili di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur Virginia.

Departemen Kehakiman AS,  mengatakan telah memperoleh persetujuan pengadilan untuk menyita tiga nama domain berbeda yang menghosting situs web RaidForums: raidforums.com, Rf.ws, dan Raid.lol.

Di antara jenis data yang tersedia untuk dijual di situs termasuk perutean bank dan nomor rekening yang dicuri, informasi kartu kredit, kredensial masuk, dan nomor jaminan sosial.

Dalam pernyataan paralel, Europol juga memuji penghapusan yang mengatakan pasar online RaidForums telah disita dalam operasi yang dikenal sebagai "Operasi Tourniquet," yang membantu mengoordinasikan penyelidikan oleh pihak berwenang dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Swedia, Portugal, dan Rumania. .

"Gangguan selalu menjadi teknik utama dalam beroperasi melawan pelaku ancaman online, jadi menargetkan forum yang menampung sejumlah besar data curian membuat penjahat tetap waspada," kata kepala Pusat Kejahatan Dunia Maya Eropa Europol, Edvardas ileris, dalam pernyataannya yang dikutip Reuters.

Selain Coelho, dua orang yang diduga kaki tangannya juga telah ditahan. Namun pihak berwenang tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang dua orang lainnya yang ditangkap.

Coelho menghadapi enam dakwaan. Departemen Kehakiman AS mendakwanya dengan tuduhan konspirasi, penipuan akses perangkat, dan pencurian identitas yang parah.

Diduga antara 1 Januari 2015 dan penangkapannya pada Januari 2022, dia mengendalikan dan menjabat sebagai kepala administrator situs tersebut.

"Untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas terlarang di platform, RaidForums membebankan kenaikan harga untuk tingkat keanggotaan yang menawarkan akses dan fitur yang lebih besar, termasuk status keanggotaan 'Tuhan' tingkat atas," kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan.