Bagikan:

 

JAKARTA - Amazon kini menghadirkan passkeys, metode autentikasi baru yang lebih mudah. Dukungan passkeys ini disematkan di situs online dan aplikasi seluler mereka.

Kini, pengguna Amazon bisa langsung masuk ke aplikasi atau situs online hanya dengan autentikasi biometrik perangkat. Setelah itu, pengguna bisa langsung berbelanja dengan bebas.

Amazon  sudah berencana menggantikan autentikasi dua faktor (2FA) melalui email atau short message service (SMS) ini dengan passkeys pada awal bulan, tetapi mereka sendiri belum siap dengan perubahan tersebut.

Saat itu, situs online masih memerlukan autentikasi 2FA dan passkeys belum diaktifkan secara sempurna di aplikasi seluler. Namun, kini masalah itu telah teratasi dan passkeys sudah bisa digunakan.

Untuk mengaktifkan passkeys di Amazon, pengguna perlu memiliki akun terlebih dahulu. Setelah itu, kunjungi pengaturan akun dan klik Login & Pengamanan. Kemudian, klik tombol Siapkan di sebelah Passkeys.

Sejauh ini, passkeys baru tersedia di perangkat dengan dukungan iOS. Amazon belum memberikan rincian waktu perilisan di Android, tetapi mereka mengatakan bahwa passkeys akan segera hadir untuk penggunanya.

Amazon  menjadi salah satu perusahaan yang mencoba menerapkan sistem passkeys pada sistem mereka karena passkeys dianggap lebih aman dibandingkan autentikasi dua arah.

Dengan menggunakan passkeys, pengguna bisa masuk ke aplikasi mereka hanya dengan verifikasi data identitas seperti biometric wajah atau sidik jari dan kata sandi perangkat.