Mengenal Digit, Robot Humanoid yang Sedang Diuji Coba Amazon
Robot humanoid Digit milik Agility Robotics yang sedang diuji coba oleh Amazon (foto: dok. Amazon)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak beberapa hari yang lalu, Amazon mulai menguji coba robot humanoid bernama Digit. Robot ini rencananya akan menggantikan karyawan manusia demi memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Digit merupakan robot yang memiliki lengan dan kaki serta mampu bergerak, menggenggam, hingga mengoperasikan benda seperti manusia. Pendekatan yang sangat dibutuhkan oleh Amazon.

Amazon   menyatakan bahwa perusahaannya telah memiliki 750.000 robot Digit yang bekerja secara kolaboratif dengan manusia. Peran manusia   tetap dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah yang dilakukan Digit.

Kepala Teknologi Robotika Amazon Tye Brady mengungkapkan kepada TechCrunch bahwa perusahaannya memang tertarik dengan robot berjalan seperti Digit. Menurutnya, “Itu sangat menarik, kemampuan bergerak di medan yang berbeda-beda itu menarik.”

Namun, mereka tetap perlu menguji coba Digit untuk mengetahui baik atau buruknya pekerjaan yang dihasilkan. Bagaimanapun juga, Digit berpengaruh besar dalam peningkatan kinerja perusahaan mereka.

Brady mengatakan bahwa Amazon akan melakukan banyak pekerjaan menarik dengan Digit. Mereka berencana menggunakan Digit untuk mengidentifikasi, memanipulasi, dan menyortir paket dalam satu sistem.

Sebagai informasi, robot Digit yang digunakan oleh Amazon merupakan hasil produksi dari Agility Robotics. Digit dikatakan sebagai robot multiguna pertama serupa manusia yang memang dibuat untuk pekerjaan logistik.

Dengan tinggi 175 sentimeter dan berat 65 kilogram, Digit mampu menangani produksi material massal di dalam gudang dan membantu jalannya pendistribusian, seperti tugas Digit di Amazon.

Robot yang mampu bekerja selama 16 hingga 24 jam ini memang bergerak selayaknya manusia. Digit memiliki dua kaki yang bisa digunakan untuk naik-turun tangga sehingga pekerjaan mereka tidak akan terhambat.

Terkait