NVIDIA Umumkan Project GR00T, Model Dasar Pembuatan Robot Humanoid
Ilustrasi robot humanoid (fotoV NVIDIA)

Bagikan:

JAKARTA - NVIDIA mengumumkan proyek model dasar untuk robot humanoid yaitu Project GR00T, yang dirancang untuk bertindak sebagai pikiran robot dalam mempelajari keterampilan dan menyelesaikan berbagai macam tugas. 

Sebagai bagian dari inisiatif ini, NVIDIA juga meluncurkan komputer baru, Jetson Thor, untuk robot humanoid berdasarkan system-on-a-chip (SoC) NVIDIA Thor, serta peningkatan pada platform robotika NVIDIA Isaac. 

SoC ini mencakup model dan alat dasar AI generatif untuk simulasi dan infrastruktur alur kerja AI.

“Membangun model dasar untuk robot humanoid umum adalah salah satu masalah paling menarik yang harus dipecahkan dalam AI saat ini,” kata Jensen Huang, pendiri dan CEO NVIDIA. 

Menurut Huang, teknologi-teknologi ini nantinya akan mendukung para ahli robotik terkemuka di seluruh dunia untuk dapat melakukan lompatan besar menuju robotika umum buatan.

Robot yang didukung oleh GR00T, yang merupakan singkatan dari Generalist Robot 00 Technology, dirancang untuk bisa memahami bahasa alami dan meniru gerakan dengan mengamati tindakan manusia. 

Tidak hanya itu, robot humanoid yang menggunakan teknologi ini juga akan dengan cepat mempelajari koordinasi, ketangkasan, dan keterampilan lainnya untuk bernavigasi, beradaptasi, dan berinteraksi dengan dunia nyata. 

“AI modern akan mempercepat pengembangan, membuka jalan bagi robot seperti Digit untuk membantu manusia dalam semua aspek kehidupan sehari-hari,” kata Jonathan Hurst, salah satu pendiri dan chief robot officer di Agility Robotics.