RoboFab Bakal Produksi Robot Humanoid Besar-Besaran Setelah Diresmikan
 Pabrik pembuatan robot humanoid terbesar di dunia (foto: dok. Agility Robotics)

Bagikan:

JAKARTA – Agility Robotics, perusahaan yang menciptakan robot bipedal Digit, membuka pabrik manufaktur di Salem, Oregon. Dengan didirikannya pabrik ini, kapasitas produksi pun ditargetkan meningkat.

Pabrik diberi nama RoboFab ini mampu memproduksi lebih dari 10.000 robot humanoid setiap tahunnya. Pabrik yang Agility Robotics dirikan ini dikonfirmasi akan mempekerjakan lebih dari 500 pekerja.

RoboFab baru akan dibuka secara resmi pada akhir tahun ini. Dengan dibukanya RoboFab, Agility Robotics akan mulai memproduksi romot humanoid ciptaan mereka secara massal.

“Pengumuman pabrik kami menandai momen penting dalam sejarah robotika: awal produksi massal robot humanoid komersial,” kata Co-founder dan CEO Agility Robotics Damion Shelton, dikutip dari Geekwire.

Dalam produksi robot di pabrik terbaru, Agility Robotics mengonfirmasi bahwa fasilitas yang digunakan akan tetap memakai Digits. Robot humanoid ini akan membantu pekerjaan seperti memindahkan, mengisi, dan mengunduh barang-barang Gudang.

Sebagai pabrik robot humanoid pertama di dunia, Shelton sempat mengungkapkan bahwa Digits diciptakan untuk menyelesaikan masalah sulit dalam pekerjaan yang tak bisa ditangani manusia.

Masalah ini melingkupi kesulitan pekerjaan yang menyebabkan cedera, kelelahan, pendapatan tinggi, hingga kesenjangan tenaga kerja yang tidak dapat diisi oleh manusia.