Bagikan:

JAKARTA - Inggris telah mengeluarkan prinsip-prinsip pada Senin, 18 September yang dirancang untuk mencegah model kecerdasan buatan (AI) dikuasai oleh sejumlah perusahaan teknologi yang merugikan konsumen dan bisnis. Pemerintah Inggris menekankan perlunya akuntabilitas dan transparansi.

Badan pengawas anti-monopoli Inggris, Otoritas Persaingan dan Pasar (CMA), seperti otoritas lain di seluruh dunia, berusaha mengendalikan beberapa konsekuensi negatif potensial dari AI tanpa menghambat inovasi.

Tujuh prinsip yang mereka sebutkan bertujuan untuk mengatur model-model dasar seperti ChatGPT dengan membuat pengembang bertanggung jawab, dengan mencegah Big Tech mengikat teknologi dalam platform-platform tertutup mereka, dan dengan menghentikan perilaku anti-persaingan seperti penggabungan produk.

Kepala Eksekutif CMA, Sarah Cardell, mengatakan pada Senin bahwa ada potensi nyata bagi teknologi tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan membuat jutaan tugas sehari-hari menjadi lebih mudah - tetapi masa depan positif tersebut tidak boleh dianggap sebagai jaminan.

Dia mengatakan ada risiko penggunaan AI dikuasai oleh beberapa pemain yang memiliki kekuatan pasar yang mencegah manfaat penuh dirasakan di seluruh perekonomian.

"Karena itulah kami hari ini mengusulkan prinsip-prinsip baru ini dan meluncurkan program keterlibatan yang luas untuk membantu memastikan pengembangan dan penggunaan model dasar berkembang dengan cara yang mempromosikan persaingan dan melindungi konsumen," katanya.

Prinsip-prinsip yang diusulkan oleh CMA, yang muncul enam minggu sebelum Inggris menjadi tuan rumah pertemuan keselamatan AI global, akan menjadi dasar pendekatannya terhadap AI ketika mereka mengasumsikan kekuasaan baru dalam beberapa bulan mendatang untuk mengawasi pasar digital.

Mereka mengatakan akan mencari pandangan dari pengembang AI terkemuka seperti Google, Meta, OpenAI, Microsoft, NVIDIA, dan Anthropic, serta pemerintah, akademisi, dan regulator lainnya.

Prinsip-prinsip yang diusulkan juga mencakup akses ke input kunci, keragaman model bisnis termasuk yang terbuka dan tertutup, dan fleksibilitas bagi bisnis untuk menggunakan beberapa model.

Inggris pada Maret memilih untuk membagi tanggung jawab regulasi AI antara CMA dan badan lain yang mengawasi hak asasi manusia dan kesehatan dan keselamatan daripada membuat regulator baru.

Amerika Serikat sedang mempertimbangkan aturan yang mungkin untuk mengatur AI dan menteri digital dari kelompok tujuh ekonomi terkemuka setuju pada bulan April untuk mengadopsi regulasi "berbasis risiko" yang juga akan menjaga lingkungan terbuka.