Mythic Protocol Raih Pendanaan Awal Rp99,9 Miliar untuk Bangun Ekosistem <i>Collaborative Entertainment</i> Pertama di Dunia
Mythic Protocol raih pendanaan awal (foto: Mythic Protocol)

Bagikan:

JAKARTA - Mythic Protocol telah resmi mengumumkan pendanaan seed series yang oversubscribed sebesar 6.5 juta dolar AS (Rp99,9 miliar), yang dipimpin oleh Shima Capital dan Alpha JWC. 

Dengan pendanaan ini, Mythic Protocol akan membangun ekosistem Collaborative Entertainment pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi blockchain, intelegensi buatan, video gim, dan media kreatif. 

"Dengan tim pendiri yang telah menerbitkan lebih dari 250 judul gim sejak tahun 2009 dan menjadi salah satu pengembang gim terbesar di Asia Tenggara, kami yakin bahwa mereka bisa mencapai keberhasilan di siklus pengembangan gim kedepannya,” kata Yida Gao, Pendiri dan General Managing Partner dari Shima Capital dalam pernyataan yang diterima VOI pada Senin, 18 September.

Pendanaan ini akan disalurkan untuk pengembangan dan peluncuran produk inti berupa gim action-shooter RPG kolaboratif yang digabungkan dengan sistem progres roguelite lintas platform (PC, konsol & gadget) berjudul RIFTSTORM.

“Konsep Collaborative Entertainment memaksimalkan potensi dan idealisme yang bisa ditawarkan teknologi. Saya memiliki visi untuk menciptakan sebuah sistem dimana setiap kontribusi pengguna memiliki makna, atribusi yang bersifat adil, dan aksi yang mendorong evolusi (consequence),” ucap COO Igor Tanzil, 

CEO Arief Widhiyasa mengatakan bahwa siklus setiap 25 tahun, industri video gim mengalami siklus teknologi. Diawali dengan fokus permainan yang menyenangkan. Dilanjutkan dengan internet dan gadget, siklus kedua berfokus dalam mempercepat adopsi video gim ke khalayak ramai - dengan menciptakan model bisnis free-to-play.

"Saya percaya bahwa siklus selanjutnya akan segera datang, Siklus ini akan digerakan oleh komputasi terdistribusi (blockchain) dan kecerdasan buatan (AI); dimana masalah baru yang harus dipecahkan adalah partisipasi kolektif untuk menghasilkan nilai di dalam suatu ekosistem, yaitu Collaborative Entertainment,” tambahnya.

Lebih lanjut, Mythic Protocol menargetkan dapat meluncurkan gimnya ke market global, khususnya Amerika Serikat pada tahun depan.