Bagikan:

 

JAKARTA - Android akan segera memberikan dukungan passkeys untuk aplikasi pihak ketiga. Dukungan ini bisa digunakan untuk beberapa aplikasi seperti Uber dan WhatsApp.

Melalui situs Android Developers, Application Programming Interface (API) khusus Android yang baru, yaitu Credential Manager, akan segera dipublikasikan pada 1 November yang akan datang.

Credential Manager akan membantu pengguna dalam menampung autentikasi biometrik passkeys, seperti biometrik identifikasi, kata sandi tradisional, dan login identitas gabungan.

Dengan adanya passkeyspengguna bisa masuk ke dalam aplikasi dengan lebih mudah. Pengguna juga bisa terhindar dari hambatan masuk ke dalam aplikasi karena lupa password.

Jika menggunakan passkeys, pengguna hanya perlu mengaktifkan sensor wajah dan sensor sidik jari di ponsel. Pengguna tidak perlu lagi masuk dengan autentikasi dua arah, yaitu verifikasi dengan short message service (SMS).

Dari segi keamanannya sendiri, autentikasi biometrik lebih aman dibandingkan autentikasi dua arah sehingga passkeys merupakan langkah perubahan yang baik dari sistem Android.

Sementara itu, Android menggunakan 1Password sebagai pengelola kata sandi pihak ketiga. 1Password dapat mengintegrasikan API untuk memudahkan pengguna dalam memanfaatkan passkeys.

Google  telah mematikan beberapa API autentikasi agar Credential Manager bisa lebih digunakan untuk melakukan autentikasi. Harapannya, Android bisa memberikan akses passkeys yang lebih sederhana dan bisa digunakan untuk seluruh aplikasi.