Bagikan:

JAKARTA – 1Password, aplikasi pengelola kata sandi, meluncurkan fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan adanya fitur baru ini, pengguna 1Password dapat berbagi kata sandi.

Melalui halaman komunitasnya, pihak 1Password mengatakan bahwa mereka telah merilis kemampuan berbagi kata sandi Wi-Fi dengan kode QR. Fitur ini akan tersedia di iOS, Android, Mac, Windows, hingga Linux.

"Bagikan nama dan kata sandi jaringan Wi-Fi Anda dengan mudah melalui kode QR dengan keluarga dan teman di sekitar dengan meminta mereka memindai kode, tidak perlu tautan atau ketukan tambahan," kata pihak 1Password.

Cara kerja dari fitur ini sederhana. Anda hanya perlu membuka aplikasi 1Password, membuka data Wi-Fi yang tersimpan, lalu kode QR akan muncul secara otomatis. Anda tidak perlu lagi menyebutkan kata sandi dengan lantang.

Jika kata sandi Wi-Fi Anda belum tersimpan, Anda bisa membuat item baru untuk Router Nirkabel di rumah, lalu, masukan nama Wi-Fi di kolom Network Name dan masukan kata sandi di kolom Network Password. Setelah disimpan, kode QR akan muncul.

Kode QR akan muncul secara default setiap kali Anda menyimpan kata sandi Wi-Fi. Jika Anda lebih tertarik untuk menyembunyikan kode QR-nya, Anda bisa membuka Pengaturan, ketuk menu Keamanan, lalu hapus pilihan Selalu Tampilkan Kode QR Wi-Fi.

Setelah kode QR disembunyikan, Anda harus mengetuk kode QR-nya terlebih dahulu jika ingin membagikan kata sandi. Perlu diingat bahwa fitur ini masih diluncurkan. Jika Anda belum melihat fiturnya, Anda harus menunggu hingga peluncurannya selesai dilakukan.