Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla, Elon Musk, pada Senin 8 April, memprediksi perkembangan kecerdasan buatan (AI) yang lebih cerdas dari manusia terpintar mungkin terjadi pada tahun depan, atau pada 2026.

Dalam wawancara yang beragam di ruang X tentang masalah teknologi, Musk juga mengatakan kepada CEO dana kekayaan Norwegia, Nicolai Tangen, bahwa AI dibatasi oleh ketersediaan listrik dan bahwa versi berikutnya dari Grok, chatbot AI dari startup xAI miliknya, diperkirakan akan dilatih pada bulan Mei.

"Jika Anda mendefinisikan AGI (kecerdasan buatan umum) sebagai lebih cerdas dari manusia terpintar, saya pikir itu mungkin terjadi tahun depan, dalam dua tahun," kata Musk ketika ditanya tentang jangka waktu pengembangan AGI.

Miliarder yang juga merupakan salah satu pendiri OpenAI, mengatakan bahwa kekurangan chip canggih menghambat pelatihan model versi 2 Grok. Musk mendirikan xAI tahun lalu sebagai pesaing OpenAI, yang telah dia gugat karena meninggalkan misi aslinya untuk mengembangkan AI demi kebaikan umat manusia dan bukan untuk keuntungan. Sementara OpenAI telah membantah tuduhan tersebut.

Musk mengatakan pelatihan model Grok 2 membutuhkan sekitar 20.000 GPU Nvidia H100, dan bahwa model Grok 3 dan seterusnya akan membutuhkan 100.000 chip Nvidia H100. Namun, dia menambahkan bahwa sementara kekurangan chip menjadi kendala besar bagi pengembangan AI sejauh ini, pasokan listrik akan menjadi krusial dalam satu atau dua tahun mendatang.

Mengenai mobil listrik, Musk mengulangi bahwa produsen mobil China adalah "yang paling kompetitif di dunia" dan menyebutnya sebagai "tantangan kompetitif yang paling berat" bagi Tesla.

Dia sebelumnya pernah memperingatkan bahwa pesaing China akan menghancurkan pesaing global tanpa hambatan perdagangan. Musk juga mengomentari mogok serikat di Swedia terhadap Tesla, mengatakan "Saya pikir badai sudah berlalu di bidang itu."

Tangen mengatakan dana kekayaan berdaulat Norwegia senilai 1,5 triliun dolar AS, salah satu pemegang saham terbesar Tesla, telah bertemu dengan ketua perusahaan EV tersebut bulan lalu dan menerima pembaruan tentang situasi tersebut.