Bagikan:

JAKARTA – Google mengubah tampilan kotak balasan di pesan masuk Gmail pada Senin, 26 Agustus. Perubahan baru ini akan mempermudah pengguna dalam membalas pesan karena tampilannya lebih efisien.

Sebelumnya, kotak balasan hanya bisa ditampilkan dalam tampilan penuh sehingga pengguna tidak bisa membaca kembali pesan yang ingin mereka balas. Jika pengguna keluar dari kotak balasan, pesan yang sudah diketik akan langsung masuk ke dalam folder Draft.

Google menyadari bahwa tampilan layar penuh kurang efisien bagi banyak pengguna Gmail, khususnya bagi penerima pesan dengan isi yang begitu panjang. Oleh karena itu, Google memperbarui tampilan kotak balasan di seluruh perangkat dengan sistem Android.

"Mulai hari ini, Anda dapat membalas email langsung dari bagian bawah percakapan, tanpa membuka layar baru, sehingga memudahkan untuk merujuk ke email yang Anda balas," kata Google di halaman pembaruan layanan Workspace.

Perusahaan itu menambahkan bahwa pembaruan ini cocok untuk para pengguna yang ingin membalas pesan dengan singkat dan sederhana. "Untuk respons yang lebih panjang dan formal, Anda cukup perluas kotak teks untuk mengakses lebih banyak opsi pemformatan."

Sepertinya, pembaruan ini dirilis melalui sisi server sehingga pengguna Gmail tidak perlu memperbarui aplikasi mereka. Jika kotak balasan versi terbaru belum terlihat di aplikasi yang Anda gunakan, Anda perlu menunggu hingga 15 hari ke depan.

Tampilan terbaru ini akan terlihat bagi seluruh pelanggan Google Workspace, pelanggan Workspace Individual, atau pengguna dengan akun Google pribadi. Kotak balasan terbaru juga akan diluncurkan ke iOS, tetapi pada akhir tahun.