Bagikan:

JAKARTA - Bitfarms, perusahaan tambang Bitcoin, menunjuk Fanny Philip sebagai anggota dewan independen. Keputusan ini muncul di tengah konflik yang sedang berlangsung dengan Riot Platforms, pemegang saham Bitfarms yang memiliki 14,9% saham perusahaan. Riot sebelumnya menyatakan niatnya untuk mengganti tiga anggota dewan Bitfarms dengan direktur independen setelah upaya gagal untuk meningkatkan sahamnya.

Pada 27 Juni, Bitfarms mengumumkan penunjukan Fanny Philip sebagai anggota dewan independen. Philip, seorang ahli teknologi blockchain dan keuangan, membawa pengalaman luas dari berbagai peran sebelumnya di perusahaan blockchain dan tambang. Dengan demikian, empat dari lima anggota dewan kini independen.

Dikutip dari Crypto News, Edie Hofmeister, Ketua Komite Tata Kelola dan Nominasi Bitfarms, menjelaskan, “Penunjukan Fanny ke Dewan mengikuti pencarian menyeluruh untuk mengidentifikasi direktur berkualifikasi tinggi yang meningkatkan keterampilan Dewan dan menandai kemajuan signifikan dalam komitmen kami untuk menyegarkan Dewan dengan kandidat independen.”

Hofmeister juga menekankan pengetahuan mendalam Philip tentang sektor energi di Amerika Utara dan Eropa, serta pengalamannya yang luas dalam aset digital, penambangan, dan kecerdasan buatan (AI).

BACA JUGA:


Philip, yang mendirikan MTI Conseils Inc., telah memegang posisi senior di beberapa perusahaan blockchain dan penambangan. Saat ini, dia adalah CFO di SOVIAGO, menjabat di komite penambangan Konsorsium Blockchain Kanada, dan menjadi presiden cabang Québec. Penunjukannya diharapkan dapat memanfaatkan latar belakangnya yang luas untuk mendorong pertumbuhan organik signifikan dan menangkap pangsa permintaan global yang lebih besar untuk Bitcoin.

Keputusan Bitfarms ini datang sebagai tanggapan terhadap pengumuman Riot Platforms. Riot, yang memiliki 14,9% saham di Bitfarms, berusaha mengganti tiga anggota dewan dengan direktur independen. Namun, anggota dewan saat ini memblokir upaya Riot untuk meningkatkan kepemilikannya menjadi lebih dari 15%.

Riot sebelumnya mencoba mengambil alih Bitfarms, tetapi tawaran pembelian senilai 950 juta Dolar AS (sekitar Rp15 triliun) ditolak. Akibatnya, Riot mengakuisisi 9,25% saham di Bitfarms. Meskipun Riot menarik tawarannya untuk mengakuisisi semua saham biasa Bitfarms, perusahaan ini tetap berkomitmen untuk mengganti anggota dewan. Tiga direktur independen yang diajukan oleh Riot adalah John Delaney, Amy Freedman, dan Ralph Goehring.