Bagikan:

JAKARTA – Google telah merilis pratinjau pengembang pertama untuk Android 15 pada 17 Februari. Kini, perusahaan tersebut meluncurkan pembaruan Android 15 untuk pratinjau pengembang kedua. 

Pratinjau pengembang merupakan proses pengujian yang harus dilalui sebelum memasuki pengujian beta. Tahapan pengujian ini dilakukan agar Google bisa menerima masukan lebih awal sebelum sistemnya dirilis. 

Di dalam pratinjau pengembang kedua ini, Google akan menghadirkan pembaruan fitur secara bertahap, API, dan beberapa perubahan lainnya. Para peserta pratinjau pengembang juga akan merasakan fitur terbaru. 

Mengutip dari 9to5google, pratinjau pengembang yang dirilis belum lama ini mendapatkan dukungan konektivitas satelit. Selain itu, ada peningkatan pada sistem pembayaran nirsentuh, pengenalan multi-bahasa, konsistensi volume, dan lainnya. 

Pratinjau pengembang terbaru juga mengatasi masalah keamanan dan bug di pratinjau sebelumnya. Google juga menambahkan pesan konfirmasi yang menyatakan bahwa sistem perpesanan dengan konektivitas satelit akan hadir. 

Menariknya, pembaruan pratinjau pengembang ini memiliki sistem yang mendeteksi perekaman layar. Dengan adanya dukungan deteksi ini, Google akan memberi tahu pengguna jika aktivitas mereka sedang direkam melalui aplikasi.

Google juga menyertakan perbaikan untuk fitur pengenalan audio multi-bahasa di Android 14. Pembaruan ini menghilangkan beberapa masalah, salah satunya kata-kata yang hilang saat pengguna beralih antarbahasa.