Deretan Pembaruan di Android 15 versi Pratinjau Pengembang 1
Pembaruan Android 15 (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Google telah merilis Pratinjau Pengembang 1 atau versi awal dari Android 15. Seperti namanya, versi ini dibuat khusus untuk para pengembang sebagai bagian dari pengujian dan pengembangan.

Android 15 akan menyertakan perubahan sistem, fitur, hingga aplikasi bawaan. Sistem operasi (OS) ini akan mendapatkan belasan pembaruan yang mencakup pengurangan dampak baterai, peningkatan keamanan, hingga peningkatan kinerja aplikasi.

Beberapa pembaruan pertama difokuskan untuk perlindungan privasi dan keamanan pengguna. Google berencana menghadirkan layanan Android AD dengan menggabungkan Privacy Sandbox untuk meningkatkan pengalaman periklanan yang efektif.

Berikutnya, Google akan menambahkan Application Programming Interface (API) terbaru yang menggunakan fitur fs-verity untuk melindungi tanda tangan kriptografi. API ini akan melindungi perangkat dari potensi malware dan modifikasi file tidak sah.

Pembaruan selanjutnya sengaja dibuat untuk para pembuat konten. Google akan meningkatkan kontrol cahaya di pratinjau kamera, menyesuaikan intensitas lampu kilat saat mengambil foto, dan memperluas dukungan UMP ke aplikasi MIDI virtual.

Pada bagian performa dan kualitas, Android 15 akan menambahkan beberapa kemampuan baru di sistem Android Dynamic Performance Framework (ADPF), di antaranya mode efisiensi daya, durasi kerja GPU dan CPU, serta ambang batas ruang kepala termal.

Penambahan fitur baru ini sangat berguna untuk memaksimalkan pengalaman bermain game dan meningkatkan performa di aplikasi yang membutuhkan interaksi. Sistem ADPF pun sangat berguna untuk aplikasi yang bekerja di latar belakang.

Terakhir, Google akan menambahkan API Open Java Development Kit (OpenJDK) untuk para pengembang. API ini akan meningkatkan buffer NIO, stream, keamanan, dan masih banyak lagi untuk membuat fitur pemrograman terbaru.

Seluruh pembaruan ini sedang diluncurkan secara bertahap untuk Pratinjau Pengembang 1. Pada bulan April hingga Agustus, Google akan merilis Android 15 Beta 1 hingga 4 secara bertahap, lalu merilis versi resminya ke AOSP.

Perangkat pertama yang akan mendapatkan pembaruan Androd 15 adalah Pixel buatan Google. Namun, pembaruan ini hanya bisa dirasakan di Pixel 6a, Pixel 6 dan 6 Pro, Pixel 7a, Pixel 7 dan 7 Pro, Pixel Fold, Pixel Tablet, serta Pixel 8 dan 8 Pro.