Bagikan:

JAKARTA – Mengukur benda dengan ukuran yang cukup besar merupakan tindakan yang sulit dan sedikit merepotkan. Meta ingin mempermudah kegiatan ini dengan meluncurkan aplikasi Layout di headset Quest.

Pengguna Quest yang telah memperbarui perangkat lunaknya ke versi 68 bisa mengakses aplikasi ini. Layout bisa digunakan untuk mendesain ulang dunia nyata, memvisualisasi benda nyata di suatu ruangan, dan mengukur sudut tempat untuk menaruh barang.

Sebelum pengguna membeli peralatan rumah tangga untuk keperluan dapur, mereka bisa memeriksa seberapa tinggi ruangannya dan berapa ukuran yang cukup untuk menaruh barang. Pengguna juga bisa memvisualisasi kulkas sebelum membelinya.

"Layout memudahkan Anda untuk mengatur ulang ruangan dan memvisualisasikan perubahan," kata Meta. "Sebelum Anda menemukan diri Anda terombang-ambing di bagian TV, coba putuskan apakah TV 72 inci terlalu besar untuk ruangan Anda (dengan Layout)."

Aplikasi utilitas ini sangat berguna bagi yang suka mendekor ruangan di rumahnya secara mandiri. Pembaruan perangkat lunak Meta Quest versi 68 masih diluncurkan secara bertahap sehingga beberapa pengguna belum bisa mengakses Layout.

Selain menghadirkan aplikasi Layout, Meta juga meningkatkan pengalaman Meta Quest di perangkat lunak terbaru ini. Pengunduhan aplikasi menjadi lebih cepat dan lebih tertata setelah Meta menambahkan tab Unduhan di Perpustakaan Anda.

Tak hanya itu, Meta juga meningkatkan performa grafis dan merilis algoritma pengaturan terbaru untuk OpenXR. "(ini akan) meningkatkan kecepatan bingkai keseluruhan dan latensi prediksi pada Meta Quest."