Bagikan:

JAKARTA – NASA ingin menampilkan tayangan luar angkasa berkualitas ke lebih banyak pengguna. Agar keinginan ini tercapai, NASA akan fokus pada layanan streaming dan menghentikan tayangan di saluran televisi.

Mulai akhir Agustus, NASA Television yang tersedia di berbagai saluran televisi kabel akan dihentikan. Lembaga antariksa AS itu akan mengalihkan seluruh tayangan inovatif ke NASA Plus, layanan streaming gratis yang bisa diakses melalui aplikasi NASA.

Selain itu, NASA Plus bisa diakses melalui pemutar media streaming seperti Roku, Apple TV, dan Fire TV. Berbeda dengan aplikasi NASA yang tidak memerlukan langganan apa pun, ketiga layanan streaming itu hanya bisa diakses jika pengguna berlangganan.

Marc Etkind, Administrator Asosiasi Kantor Komunikasi NASA, mengatakan bahwa NASA Plus dibuat untuk menghadirkan berbagai informasi dengan cepat. Sejauh ini, jumlah tayangan di NASA Plus pun empat kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah penonton di saluran televisi.

"Melalui NASA Plus, kami meningkatkan pengalaman pengguna bagi audiens kami dengan cara yang mencerminkan komitmen kami untuk mencapai tingkat baru, baik dalam eksplorasi ruang angkasa maupun di media," kata Etkind.

NASA Plus tidak hanya menampilkan acara yang berisi pengetahuan antariksa dan aeronautika. Perusahaan itu juga memperlihatkan berbagai eksperimen sains dan kegiatan astronot selama berada di luar angkasa.

Lembaga antariksa itu juga menayangkan film dokumenter tentang asteroid, upaya NASA dalam mencari tanda-tanda kehidupan alien, kegiatan NASA dalam melawan kualitas air laut yang buruk di pesisir Florida, dan masih banyak lagi.