Stranger Things Jadi Faktor Utama Netflix Memuncaki Peringkat sebagai Layanan Streaming Terpopuler
Peringkat konten yang paling banyak ditonton (Foto: Dok. Nielsen)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan streaming terus mendapatkan momentumnya sebagai platform menonton film dan serial televisi favorit masyarakat.

Apalagi, sejak munculnya konten eksklusif dari platform tersebut, seperti Netflix yang meluncurkan kontennya sendiri pada tahun 2013.

Nielsen selaku pemimpin global dalam pengukuran audiens, data dan analitik, mengungkapkan bahwa di Amerika sendiri memiliki 19,4 orang yang melakukan streaming, jumlah ini naik 27 persen dari sekitar 15 juta penonton pada tahun 2021.

Menurut laporannya, peningkatan tersebut didorong oleh luasnya layanan baru dan yang diperluas, ditambah dengan kedalaman konten, terutama streaming konten asli.

Salah satu faktor melonjaknya jumlah penonton Netflix adalah ketika munculnya serial TV Stranger Things pada tahun 2022, yang menyebabkan menit menonton untuk konten orisinal naik secara dramatis melampaui konten lain.

"Secara total, penonton menonton 52 miliar menit Stranger Things pada tahun 2022, total tertinggi sejak penguncian yang didorong oleh COVID-19 mendorong penonton untuk menonton," tulis Nielsen.

Di posisi kedua, terdapat drama kriminal NCIS dari CBS Television Studios yang berhasil mendapatkan 38,1 miliar menit dari penontonnya.

Meski demikian, hasil laporan Nielsen mengungkapkan bahwa Netflix mendominasi charts, sebagai layanan streaming film dan serial TV, dengan 10 dari 15 pertunjukan keseluruhan teratas, dan 13 dari 15 pertunjukan asli paling populer.