Bagikan:

JAKARTA – Meta menambahkan Mode Perjalanan ke dalam Quest, headset realitas virtual buatan mereka, pada Senin, 13 Mei lalu. Fitur baru yang menghadirkan hiburan selama perjalanan ini diluncurkan ke Quest 2 dan 3.

Mode Perjalanan merupakan fitur yang membuat Quest sadar bahwa penggunanya sedang berada di dalam pesawat. Saat mode ini diaktifkan, perangkat tersebut akan mengubah Quest menjadi perangkat hiburan untuk menonton atau bermain game.

"Anda dapat menonton film di layar virtual besar, bersantai dengan aplikasi permainan atau meditasi, dan bahkan menyelesaikan beberapa pekerjaan," kata Meta. "Berkat desain headset kami yang seimbang dan ergonomis, Anda dapat menikmati semuanya dengan nyaman."

Pengguna Quest tidak perlu mengaktifkan Mode Perjalanan secara manual karena fitur tersebut akan aktif secara otomatis. Ketika pesawat yang dinaiki pengguna memiliki Wi-Fi gratis, Quest akan mendeteksi jaringannya dan meminta untuk tersambung.

Setelah disambungkan, Quest akan membuka browser secara otomatis dan pengguna bisa langsung bersantai sambil menikmati tayangan apa pun yang diinginkan. Pengguna juga bisa mematikan tayangan dan beralih ke game yang menarik untuk dimainkan.

"Selain itu, Anda akan memiliki akses ke perpustakaan konten Quest Anda (pastikan untuk memeriksa apakah game atau aplikasi tertentu memerlukan koneksi internet terlebih dahulu untuk pengalaman terbaik)," jelas Meta.

Selain itu, Mode Perjalanan memiliki algoritma khusus yang bisa memperhitungkan pergerakan pesawat. Kemampuan ini membuat Mode Perjalanan bekerja secara stabil dan konsisten. Quest tidak akan beralih ke mode normal saat pengguna masih berada di dalam pesawat.

Jika pengguna Quest ingin merasakan fitur baru tersebut, mereka harus ikut serta ke dalam bagian Fitur Eksperimental di dalam Pengaturan. "Anda kemudian dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Perjalanan dari Pengaturan Cepat."

Untuk saat ini, Mode Perjalanan memang hanya mendukung perjalanan di dalam pesawat. Namun, Meta berencana mengembangkan fiturnya dan menghadirkan mode tersebut saat pengguna berada di dalam kereta api atau moda transportasi yang lain.